Tingkatkan Minat Baca

Tingkatkan Minat Baca

--

RK ONLINE - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Rejang Lebong terus berupaya meningkatkan minat baca masyarakat. Baik dikalangan pelajar hingga masyarakat umum. Terlebih dengan perkembangan zaman sekarang ini, terjadi perubahan kebiasaan yang berdampak terhadap turunnya minat baca masyarakat.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Rejang Lebong, Bambang Budiono mengatakan dalam meningkatkan minat baca masyarakat pihaknya akan menyasar sekolah-sekolah. Bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) setiap sekolah didorong untuk melaksanakan lomba bercerita, dongeng hingga lomba perpustakaan tingkat sekolah. 

"Kedepan kami akan bekerjasama dengan Dinas Dikbud serta sekolah-sekolah untuk melakukan berbagai kegiatan sebagai upaya mendongkrak  minat baca di Rejang Lebong, " jelasnya. 

 

BACA JUGA:Dispar Bakal Percantik Pasar Kuliner

 

Menurutnya, peran serta orang tua, teman lingkungan sekitar hingga sekolah sangat dibutuhkan dalam meningkatkan minat baca dikalangan pelajar ini. Dicontohkannya, setiap sekolah yang membuat program dengan membiasakan pelajarnya membaca sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung. Serta menyediakan bacaan yang diminati pelajar namun tetap mendidik. Hal tersebut dinilai akan memberikan pengaruh positif agar siswa gear membaca.

"Dalam meningkatkan minat baca ini, orang tua dan masyarakat harus bisa bekerjasama dalam membimbing untuk giat membaca. Tidak cukup dengan program pemerintah saja, " singkatnya.

Sumber: