Pangkalan Jangan Melanggar HET Gas Elpiji yang Baru, Akan Ditindak Tegas

Pangkalan Jangan Melanggar HET Gas Elpiji yang Baru, Akan Ditindak Tegas

DOK/RK : Kepala Biro Ekonomi Provinsi Bengkulu Zahirman Aidi--

RK ONLINE - Sejak 2 hari kemarin agen-agen pangkalan gas Elpiji 3 yang menjadi mitra pemerintah dan Pertamina sidah mensosialisasikan kenaikan harga per 1 Juni 2023.

 

Pemberitahuan lewat medsos dan pengumuman di pangkalan- pangkalan masing- masing. HET yang baru berlaku ini, akan diawasi ketat dan pelanggarnya akan ditindak tegas.

 

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Bengkulu Nomor K. 212. BI Tahun 2023. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu telah menyesuaikan harga eceran tertinggi (HET) gas Elpiji 3 Kilogram (Kg) yang ada di wilayah Provinsi Bengkulu.

 

"Penyesuaian HET dalam rangka membangun dan mempertahankan iklim investasi dan mengantisipasi kelangkaan atas ketersediaan Gas Elpiji 3 Kg di tengah masyarakat," ujar Kepala Biro Ekonomi Provinsi Bengkulu Zahirman Aidi. 

 

Zahirman juga menyampaikan kalau penyesuaian untuk wilayah Sumatera, Bengkulu merupakan provinsi terakhir yang melakukannya   sejak 2015 lalu. Sehingga penyesuaian ini sangat wajar dilakukan setelah hampir 8 tahun tidak diberlakukan.

 

''Berlaku  mulai  1 Juni 2023  pada setiap pangkalan Elpiji yang ada di kabupaten/kota. Sedangka. Untuk harga  dihitung sesuai  jarak dari lokasi SPBE (Stasiun Pengisian Bulk Elpiji),'' sampainya.

 

Agar keputusan ini berjalan sesuai dengan rencana, ditegaskan Zahirman pihaknya akan melakukan pengawasan dengan melibatkan Pertamina.  Pengawasan dan pemantauan di lapangan untuk penerapan HET terbaru Elpiji 3 Kg dilakukan terutama pada pangkalan yang diduga melakukan penyelewengan, baik dari sisi harga maupun stok barang.

 

Sumber: