CJH Kepahiang Didominasi Lansia, Begini 5 Tips Menjaga Kesehatan Jelang Keberangkatan

CJH Kepahiang Didominasi Lansia, Begini 5 Tips Menjaga Kesehatan Jelang Keberangkatan

LATIH : Para calon jemaah haji lansia diberikan pelatihan pengukuran kebugaran sebelum keberangkatan haji pada musim haji 1444 H berlokasi di Masjid Agung Baitul Hikmah.--

RK ONLINE - Calon jemaah haji asal Kabupaten Kepahiang yang  berjumlah  108 orang, mayoritas berusia lanjut usia dengan risiko tinggi penyakit yang diderita. Kantor Kementerian Agama Kepahiang sudah menyiapkan tips-tips agar kesehatan para calon jemaah haji lansia tetap bugar dalam menjalani ibadah haji di Tanah Suci Mekkah, lantaran ibadah terpanjang selama 40 hari dengan perbedaan cuaca wajib diantisipasi para jamaah.

 

 

Kakan Kemenag Kepahiang Drs. Albahri, M.Si melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Zulfakar Alamsyah, S.Ag menuturkan bahwa pada pelaksanaan manasik haji, CJH juga dibekali tips-tips kesehatan, seperti rajin berolahraga, konsumsi air putih dan pengecekan kesehatan secara berkala.

BACA JUGA:Pesawat Delay Jamaah Haji Asal Kabupaten Bogor Kelaparan

 

"Karena calon jemaah haji daerah banyak Lansia, maka tips-tips kesehatan perlu kita bekali, seperti menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga ringan setiap hari dan konsumsi makan-makanan bergizi," kata Zulfakar.

 

Dilansir dari situs resmi Kemenag, Indonesia akan memberangkatan 66.943 jemaah haji lansia dengan usia 65 tahun ke atas dari seluruh jemaah haji reguler yang mencapai 203.320 orang. Para jemaah lansia perlu menjaga dan meningkatkan kesehatan dirinya, terlebih sebelum melaksanakan rangkaian ibadah haji di Tanah Suci.

 

 

Simak 5 tips menjaga kesehatan lansia menjelang Ibadah Haji

1. Rutin melakukan aktivitas fisik

Seperti olahraga ringan seperti senam adalah tips pertama untuk menjaga kesehatan jemaah haji lansia, hal ini dapat dilakukan seperti berjalan kaki, bersepeda secara bertahap. Namun, tak kalah penting adalah berkonsultasi lebih dulu pada dokter sebelum memulai rutinitas olahraga, karena tim kesehatan akan mengarahkan lansia pada olahraga tertentu sesuai dengan kondisi kesehatannya.

 

2. Konsumsi makan-makanan bergizi

Tips kedua, konsumsi makan-makanan bergizi salah satu upaya menjaga kesehatan lansia jelang ibadah haji, terlebih CJH banyak dengan kondisi hipertensi, kolesterol, dan asam urat. Makanan bergizi seimbang mengandung karbohidrat dan protein, seperti ikan, telur, susu, sayur dan buah. Kemudian tak kalah penting adalah lansis juga perlu konsumsi air putih yang cukup, minimal 17 gelas setiap hari.

 

3. Pemeriksaan Kesehatan Berkala

Tips ketiga, pemeriksaan kesehatan secara rutin, calon jemaah haji lansia dapat memeriksakan kesehatannya secara rutin ke fasilitas kesehatan terdekat, apalagi bila ada keluhan kesehatan dan perlu diingat mengkonsumsi obat sesuai dengan anjuran dan resep dokter.

 

4. Istirahat yang cukup

Tips keempat, gangguan tidur biasanya kerap kali dirasakan para lansia, jamaah lansia perlu tidur dan istirahat yang cukup untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

 

5. Jalani Hidup Bahagia

Tips kelima, lansia juga diharapkan dapat menjalani hidup bahagia, ini adalah bagian penting bagi anggota keluarga terus memberi suport sebelum keberangkatan CJH ke Tanah Suci. Seperti calon jemaah dapat dengan melakukan hobi yang disenangi, menjaga silaturahmi dengan orang terdekat, beribadah dan berdoa.

Sumber: