Bukan 4, Ternyata Ini 5 Formasi CPNS 2023 Prioritas Pemerintah

Bukan 4, Ternyata Ini 5 Formasi CPNS 2023 Prioritas Pemerintah

Tenaga Honorer---bengkuluekspress.disway.id

 

"Usulan dari berbagai kementerian dan lembaga sekitar 1,6 juta formasi CPNS dan PPPK," ujar Anas.

 

Dari 1,6 juta formasi tersebut, pemerintah daerah (pemda) telah mengusulkan sekitar 1.030.000 formasi. Anas menyatakan bahwa jumlah tersebut akan segera difinalisasi dan diajukan ke Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

 

"Hari ini saya akan menandatangani surat usulan kepada Menteri Keuangan, surat usulan berdasarkan usulan yang dikirim oleh daerah, sekitar 1.030.000 formasi," jelasnya.

BACA JUGA:Ini Informasi Terbaru Formasi CPNS dan PPPK 2023, Tembus 1,6 Juta Formasi

Namun, Anas menyatakan bahwa saat ini belum dapat dipastikan kapan seleksi akan dibuka. Hal ini dikarenakan masih banyak diskusi yang harus dilakukan terkait penyelesaian rekrutmen tenaga honorer kategori 1 dan 2. Namun, dia memastikan bahwa akan ada lowongan khusus untuk fresh graduate atau lulusan baru.

 

"Kami sedang melakukan diskusi intensif, sambil menyelesaikan persoalan tenaga honorer kategori 2 dan tenaga harian lepas kategori 1. Banyak usulan agar fresh graduate juga dapat dilibatkan, karena banyak lulusan baru yang tidak termasuk dalam formasi," kata Anas.

 

Dalam kesempatan ini, Anas berjanji bahwa pemerintah akan menyediakan formasi khusus bagi fresh graduate, terutama dalam sektor digital.

 

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, Alex Denni, menjelaskan bahwa penetapan formasi CPNS akan diumumkan pada April 2023. Dengan demikian, pada kuartal III 2023 atau mulai Juni 2023, pengumuman pembukaan CPNS dan PPPK dapat dilakukan.

BACA JUGA:Jadi Penentu Nasib, Peserta Seleksi CPNS 2023 Wajib Siapkan Dokumen Penting Ini

Sumber: