Naik, Tahun Ini Rejang Lebong Terima DAK Pendidikan Rp 18 Miliar

Naik, Tahun Ini Rejang Lebong Terima DAK Pendidikan Rp 18 Miliar

DOK/RK : Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Rejang Lebong, Rezza Pahlevie, SH--

RK ONLINE - Di tahun 2023, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Rejang Lebong mendapatkan suntikan Dana ALokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan sebesar Rp 18 miliar. Jumlah ini meningkat jika dibandingkan perolehan DAK dua tahun terakhir.

 

"Alhamdulillah DAK pendidikan kita pada tahun ini meningkat signifikan, dari tahun 2021 sebesar Rp 12 miliar, kemudian pada tahun 2022 naik menjadi Rp 16 miliar dan tahun 2023 kembali naik menjadi Rp 18 miliar," jelas Kepala Dinas Dikbud Lebong Rezza Pakhlevie, SH.

 

Adanya kenaikan DAK pendidikan yang diperoleh tidak terlepas dari penilaian pemerintah pusat setelah melihat kepatuhan dan administrasi pelaksanaan kegiatan yang disampaikan lengkap dan dapat dipertanggungjawabkan. Perolehan DAK tersebut terbagi ke beberapa bidang, Rp 6,2 miliar akan dialokasikan untuk bidang SMP dan selebihnya Rp 11,8 miliar dialokasikan untuk pembangunan sarana prasarana pendukung PAUD, TK dan SD.

 

BACA JUGA:DAK Fisik Pendidikan Tuntas Dikerjakan

 

"Anggaran itu sendiri nantinya akan digunakan untuk pembangunan ruang kelas belajar, laboratorium IPA, laboratorium komputer, ruang UKS, musala, kegiatan non fisik dan lainnya, " tambahnya.

 

Ditambahkanya saat ini pihaknya masih menunggu petunjuk pelaksanaan dan teknis penggunaan DAK pendidikan 2023. "Harapan kami dengan adaya angaran ini nantnya dapat meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Rejang Lebong, " singkatnya.

Sumber: