DAK 2023, Dinas Dikbud Usulkan Rp 44,3 Miliar

DAK 2023, Dinas Dikbud Usulkan Rp 44,3 Miliar

DOK/RK : Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Rejang Lebong, Rezza Pahlevie, SH--

RK ONLINE - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Rejang Lebong sudah mengusulkan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan tahun 2023 mendatang sebesar Rp 44,3 miliar.

"Usulannya sudah kami sampaikan ke pemerintah pusat. usulan yang disampaikan sudah mencakup kebutuhan SD dan SMP yang ada di Rejang Lebong, " jelas Kepala Dinas Dikbud Rejang Lebong Rezza Pakhlevie, SH. 

Lebih jauh dijelaskannya, anggaran tersebut diusulkan untuk kegiatan pembangunan ruang kelas baru, pembangunan toilet, laboratorium hingga rehab gedung sekolah. Dalam usulan yang sudah disampaikan juga dijelaskan tingkat kerusakan, ringan sedang hingga berat. Ia berharap usulan tersebut bisa diakomodir oleh kementerian terkait sehingga tak ada lagi sekolah yang kondisinya tidak layak.

"Usulan DAK pendidikan itu sudah diajukan sejak Agustus lalu melalui aplikasi Krisna Bappenas. Usulan ini disampaikan berdasarkan kebutuhan sekolah yang sebelumnya sudah kami survei, " tambahnya. 

 

BACA JUGA:Tak Ada Anggaran, Kegiatan Olahraga Minim

 

Ia berharap usulan DAK tersebut bisa terpenuhi mengingat banyaknya sekolah-sekolah yang memang memiliki kerusakan dan perlu perbaikan. Terlebih dengan keterbatasan APBD Kabupaten Rejang Lebong, bantuan DAK yang berasal dari APBN sangat dibutuhkan dalam mempercepat pembangunan.

"Untuk tahun 2022 ini  DAK fisik bidang pendidikan mencapai Rp 20 miliar. Jumlah ini lebih besar jika dibandingkan dengan tahun 2021 lalu yang hanya berkisar Rp 12 miliar saja, " demikian Rezza

Sumber: