Diganti KTP Digital, Zudan Arif Sebut Tahun Ini 25 Persen Penduduk Indonesia Beralih dari KTP Elektronik

Diganti KTP Digital,  Zudan Arif Sebut Tahun Ini 25 Persen Penduduk Indonesia Beralih dari KTP Elektronik

Dinilai banyak kendala dan gagal, Program KTP Elektronik akan diganti dengan KTP Digital.--Disway.id

RK ONLINE - Dirjen Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh menilai jika Program KTP Elektonik yang selama ini dijalankan oleh pemerintah akan digantikan dengan program KTP Digital.

 

Program KTP Digital menjadi asalah satu program baru yang menjadikan KTP Elektronik berubah dan digantikan dengan Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau yang baru-baru ini dikenal dengan sebutan KTP Digital.

 

Sebab selain memang prosesnya lambat dan banyak memakan biaya, selama ini menurut Zudan Arif Program KTP Elektronik kerap menjadi keluhan masyarakat.

BACA JUGA:Di Kepahiang Polisi Amankan 32 Batang Tanaman Ganja Berikut 3 Terduga Pelaku, Begini Kronologisnya!

Zudan Arif mengatakan jika IKD atau KTP Digital ini, merupakan program KTP yang bisa dimiliki masyarakat menggunakan handphone atau Hp. Dengan cara ini pula menurutnya, pemerintah tidak lagi membutuhkan anggaran untuk menambahkan blanko KTP Elektronik.

 

"Jadi dengan KTP Digital ini kita tidak lagi menambahkan blanko tetapi kita mendigitalkan pelayanan Adminduk. KTP elektronik diganti KTP digital," ujar Zudan Arif belum lama ini.

 

BACA JUGA:Selain Guru dan Tenaga Medis, Ini Formasi CPNS 2023 Prioritas KemenPAN RB yang Paling Gampang Lulus!

Dirinya mengungkapkan kalau kebijakan ini dilakukan Kemendagri, sebagai salah satu solusi yang asimetrik dalam merespon kendala penerbitan KTP Elektronik. 

 

Sebab selama ini lanjut Zudan, terdapat 3 kendala dalam pembuatan KTP Elektronik. Yakni terkait anggaran penerbitan, masalah jaringan serta perubahan wilayah di beberapa tempat di Indonesia.

Sumber: