Sesuai Arahan Presiden, Pemdes Mekar Sari Tanggulangi Kemiskinan Estrem Melalui Dana Desa 2023

Sesuai Arahan Presiden, Pemdes Mekar Sari Tanggulangi Kemiskinan Estrem Melalui Dana Desa 2023

Pemdes Mekar Sari manfaatkan Dana Desa 2023 untuk penanggulangan kemiskinan ekstrem dengan BLT DD 2023.--Radarkepahiang.id

RK ONLINE - Sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pemanfaatan Dana Desa 2023 dilakukan jajaran Pemdes Mekar Sari Kecamatan Kabawetan, Kepahiang, Bengkulu untuk penanggulangan kemiskinan ekstrem.

 

Melalui Musyawarah Desa Khusus (Musdesus), masyarakat dan jajaran Pemdes Mekar Sari sepakat untuk menjadikan penanggulangan kemiskinan ekstrem sebagai salah satu program prioritas pemanfaatan Dana Desa 2023.

 

Kesepakatan ini diperoleh melalui Musdesus yang diselenggarakan di balai desa, Kamis 9 Februari 2023. Dalam kegiatan tersebut, disepakati jika penanggulangan kemiskinan ekstrem ini diprioritaskan melalui program BLT DD 2023.

 

Hasilnya setelah melalui proses dan tahapan verifikasi, validasi dan finalisasi, sebanyak 25 warga Desa Mekar Sari ditetapkan sebagai calon penerima BLT DD 2023.


--

Kepala Desa Mekar Sari, Marno menerangkan jika penetapan ini berdasarkan keputusan bersama antara Pemdes, BPD, Dinas PMD, Dinas Sosial, pemerintah kecamatan, tim ahli, masyarakat dan sejumlah tamu undangan yang hadir.

 

"Kita mengundang masyarakat dan sejumlah instansi untuk validasi penetapan penerima BLT DD 2023. Program ini juga menjadi prioritas kami dalam memanfaatkan Dana Desa 2023. Karena program BLT DD 2023 merupakan program penanggulangan kemiskinan ekstrem sesuai arahan presiden dan pemerintah pusat," ujar Marno.

 

Marno menjelaskan, puluhan warga yang tercatat sebagai calon penerima BLT DD 2023 ini, merupakan warga yang masuk dalam kategori pantas menerima BLT DD. Sebab selain Lansia, janda tunggal, masyarakat dengan penghasilan minim, calon penerima BLT DD ini adalah masyarakat yang sudah menderita karena sakit yang menahun.

Sumber: