Dukcapil Jemput Bola Perekaman KTP bagi Disabilitas

Dukcapil Jemput Bola Perekaman KTP bagi Disabilitas

DOK/RK : Ilustrasi KTP-el--

RK ONLINE - Target untuk seluruh masyarakat wajib memiliki identitas  termasuk penyandang disabilitas terus dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Rejang Lebong. Langkah perekaman juga digenjot agar target yang direncanakan dan ditetapkan dapat tercapai. 

 

Dikatakan Kabid Dukcapil Rejang Lebong Ikhwan Setiawan, SH  Rabu (16/11) kemarin, kalau saat ini dinasnya  telah melakukan upaya jemput bola untuk perekaman terutama masyarakat wajib KTP penyandang disabilitas.

 

"Program jemput bola kita lakukan untuk pembuatan kartu identisa berupa KTP-el dan Kartu Keluarga (KK) bagi warga yang berkebutuhan khusus (disabilitas),"  ujar Ikhwan. 

 

Menurut Ikhwan hampir seluruh kecamatan dan desa di Rejang Lebong masuk dalam program jemput bola ini. Para penyandang disabilitas selama ini  masuk dalam kartu keluarga akan tetapi tidak memiliki KTP seperti masyarakat lainnya. Maka dari itu program ini  mendatangi langsung rumah-rumah warga penyandang disabilitas sehingga memiliki KTP.

 

"Hampir dari 30 orang warga yang berkebutuhan khusus dan disabilitas yang telah kita lakukan pembuatan KTP -el, mereka tersebar di 15 kecamatan yang ada di Rejang Lebong," terangnya. 

 

BACA JUGA:Jemput Bola, Stok Blangko Aman

 

Ikhwan Setiawan juga mengatakan untuk saat ini pembuatan KTP dan Kartu Keluarga tidak harus di Kantor Dukcapil dan Kantor Camat saja, tetapi pihaknya siap melakukan pembuatan KTP dan Kartu Keluarga ke rumah-rumah warga, seperti yang dilakukan saat ini.

 

Sumber: