Jelang Lelang 32 Unit Mobnas Waspada Penipuan

Jelang Lelang 32 Unit Mobnas Waspada Penipuan

DOK/RK : CEK KENDARAAN : Masyarakat saat mendatangi halaman kantor BKD untuk melihat kondisi mobnas yang akan dilelang.--

RK ONLINE  - Mendekati pelaksanaan lelang 32 unit mobil dinas (mobnas) pada 25 Oktober mendatang, Kabid Aset BKD Lebong Rizka Putra Utama, M.Si kembali mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai praktik penipuan. Modusnya, mengaku bisa mengkondisikan proses lelang dengan meminta sejumlah uang. Ia memastikan jika pelaksanaan lelang akan dilakukan secara terbuka dan bisa diikuti oleh masyarakat umum. Pemenangnya adalah mereka yang melakukan penawaran tertinggi hingga batas waktu yang ditentukan.

"Jika ada, kami minta segera laporkan kepada kami. Saya pastikan akan kami laporkan kepada aparat penegak hukum. Siapaun itu, yang mengatasnamakan BKD Lebong atau yang lainnya. Jika ada laporkan, ” tegas Putra.

Sementara itu hingga kemarin (19/10), sudah banyak masyarakat yang datang ke halaman BKD Lebong untuk melihat langsung kondisi 32 unit mobnas yang akan dilelang. Ruang tersebut sengaja diberikan kepada calon peserta lelang agar tak ada anggapan membeli kucing dalam karung. Selain itu pihaknya pun sudah menyiapkan petugas khusus yang akan mendampingi masyarakat yang ingin melihat kondisi kendaraan.

"Masyarakat bisa melihat langsung kondisi kendaraan hingga Senin 24 Oktober mendatang. Juga bisa konsultasi masalah lainnya yang berkaitan dengan masalah lelang,” jelasnya.

Diakuinya sudah banyak masyarakat yang datang melihat langsung kondisi kendaraan. Baik yang datang dari Kabupaten Lebong hingga Kabupaten tetangga seperti Rejang Lebong, Bengkulu Utara, Kota Bengkulu, Bengkulu Selatan serta dari daerah luar Provinsi Bengkulu.

"Termasuk dari Provinsi Jambi, Sumatra Selatan dan Lampung sudah ada yang datang,” lanjutnya.

 

BACA JUGA:Perbaikan PBK Gunakan Metode Lelang Cepat

 

Masyarakat yang berminat mengikuti lelang bisa mulai menyetorkan jaminan lelang mulai 18 hingga 24 Oktober mendatang. Namun sebelum itu, calon peserta terlebih dahulu harus membuat akun aplikasi lelang indonesia yang bisa diundung di play store. Hal ini mengingat proses lelang akan dilakukan dengan metode e-auction oppen biding atau melalui sistem online melalui aplikasi e-Lelang tanpa kehadiran peserta.

Besaran uang jaminan penawaran lelang adalah 50 persen dari harga limit kendaraan atau paket kendaraan. Disetorkan ke nomer virtual account masing-masing peserta yang akan dikirim setelah berhasil mendaftar akun. "Setoran uang jaminan penawaran paling lambat satu hari sebelum lelang dilaksanakan. Tepatnya 24 Oktober 2022 pukul 24.00 WIB server, " singkatnya.

Diketahui Dari 32 mobnas tersebut, ada 21 unit mobnas akan dilelang dalam bentuk paket. Totalnya ada 5 paket, masing-masing paket terdiri dari 4 hingga 7 unit kendaraan. Sementara itusisanya 11 kendaraan tetap dilelang secara satuan per unit.

 

Sumber: