Pemkab Kepahiang Sukses Terapkan Program Bangga Produk Lokal

Pemkab Kepahiang Sukses Terapkan Program Bangga Produk Lokal

Dengan prestasi gemilang, bupati Kepahiang mengajak masyarakat untuk membumingkan produk lokal Kepahiang.--

BACA JUGA:E-Katalog Lokal Masih Dipandang Sebelah Mata


Bupati Kepahiang saat menerima penghargaan produk lokal Kopi Robusta Kepahaing beberapa waktu lalu.--

Lebih lanjut disampaikan Agus, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kepahiang diwajibkan belanja melalui E-Katalog lokal (Produk Kabupaten Kepahiang, red). Kebijakan tersebut Sesuai Instruksi Presiden (Inpres) nomor 02 tahun 2022 tentang percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri, produk usaha mikro, usaha kecil serta koperasi. Hal ini dilakukan dalam rangka menyukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia pada pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah.

 

"Sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan tersebut, OPD-OPD diminta untuk belanja melalui E Katalog lokal yang telah menayangkan produknya," demikian Agus.


Bupati kepahiang promosikan Kopi Robusta Kepahiang sebagai produk lokal unggulan.--

Sementara itu Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU mengungkapkan kalau ke depan, Pemkab Kepahiang akan terus mendorong perluasan pemasaran produk lokal Kabupaten Kepahiang. Tidak hanya melalui E-Katalog, pemasaran dan pengembangan produk lokal Kabupaten Kepahiang juga akan digencarkan secara langsung atau manual.

 

"Karena dengan dorongan Pemkab Kepahiang, mudah-mudahan produk lokal UMKM Kabupaten Kepahiang bisa menembus pasar yang levelnya lebih tinggi dan luas. Lagi pula dengan cara ini, kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kepahiang perlahan akan terus meningkat," singkat Dayat.


Batik Diwo yang juga merupakan produk lokal unggulan Kabupaten Kepahiang.--

Kemudian Sekda Kabupaten Kepahiang, Dr. Hartono, M.Pd memastikan jika seluruh OPD di lingkungan Pemkab Kepahiang, lebih memprioritaskan produk lokal dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah. 

 

"Ini adalah langkah strategis kita dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Maka dari itu, sesuai dengan instruksi presiden seluruh OPD wajib berperan," tutupnya.  

Sumber: