Dispar Kembali Gelar Lomba Desa Wisata

Dispar Kembali Gelar Lomba Desa Wisata

DOK/RK : Sekretaris Dispar Provinsi Bengkulu, Almidianto--

RK ONLINE - Bengkulu terdapat ribuan desa yang memiliki keunikan dan keindahan masing-masing, baik dalam bentuk wisata alam maupun wisata bersejarah. Untuk menggali dan mencari desa-desa yang berpotensial menjadi desa wisata dan ikon Provinsi Bengkulu pada sektor pariwisata, Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bengkulu akan kembali menggelar lomba desa wisata tahun 2022.

Kepala Dispar Provinsi Bengkulu, melaui Sekretaris Dispar Provinsi Bengkulu, Almidianto, SE,MT menyampaikan, pelaksanaan lomba desa wisata diagendakan akan digelar dari tanggal 3 hingga 25 Oktober 2022 mendatang.  "Untuk saat ini, tim dari provinsi masih dalam tahap sosialisasi untuk lomba desa wisata yang akan dilaksanakan. Pelaksanaan lomba untuk pendaftaran dimulai 3 Oktober hingga 17 Oktober, sedangkan pelaksanaan seleksi administrasi pada 18 hingga 22 Oktober," kata Almidianto. 

Dalam proses pendaftaran ini, desa wisata diwajibkan untuk melengkapi persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan. 

Salah satu persyaratan untuk mengikuti lomba yakni desa yang bersangkutan sudah ditetapkan sebagai desa wisata oleh kepala daerah, memiliki rekomendasi dari Dispar kabupaten/kota, memiliki struktur pengelolaan, hingga memperlihatkan bukti wisata dalam bentuk foto atau video. Persyaratan yang ada akan dijadikan pertimbangan oleh tim seleksi administrasi. 

Dalam seleksi administrasi pada tanggal 18 hingga 22 Oktober 2022 akan dilaksanakan oleh akademisi dari Universitas Bengkulu, asosiasi pelaku wisata Indonesia, dan pihak terkait untuk diambil 10 besar.

"Pada 25 Oktober 10 besar desa wisata akan diumumkan, dan bagi desa yang lolos akan diperkenankan untuk mempresentasikan desa wisatanya kepada dewan juri. Dalam hal ini, akan dinilai beberapa pihak baik dari Kementerian Pariwisata, Kementerian PDTT, Akademisi yang diagendakan dilaksanakan pada 26 Oktober 2022," papar Almidianto. 

 

BACA JUGA:DJPb Terus Dorong Desa Bebas Korupsi

 

Nantinya setelah dilakukan presentasi, tim dari kementerian pada 31 Oktober 2022 akan mengunjungi 10 desa yang mengikuti seleksi dan akan diumumkan 5 desa terbaik. 

Sebagai apresiasi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu telah menyiapkan hadiah sebesar Rp 125 juta untuk pemenang 5 desa terbaik. Masing-masing akan diberikan untuk terbaik pertama sebesar Rp 50 juta, terbaik kedua, Rp 30 juta, terbaik ketiga sebesar Rp 20 juta, terbaik keempat sebesar Rp 15 juta, dan terbaik kelima sebesar  Rp 10 juta.  "Selain uang, bagi pemenang desa wisata juga akan diberikan reward lainnya seperti pembangunan infrastruktur penunjang, hingga dilaksanakan event," singkat Almidianto.

Sumber: