Dampingi Desa Kembangkan Wisata

Dampingi Desa Kembangkan Wisata

DOK/Net : Ilustrasi Desa Wisata--

RK ONLINE - Dalam memaksimalkan pengembangan desa wisata, tahun ini Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Lebong akan melakukan langkah pendampingan dan pembinaan. Dengan target, desa wisata di Kabupaten Lebong bisa mengikuti ajang lomba desa wisata tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2023 dengan persiapan yang lebih matang.

 

 

"Di tahun ini kami sudah menyiapkan anggaran khusus untuk melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap desa-desa wisata, " kata Kabid Pariwisata Disparpora Lebong, Agus Supriadi, SE.

 

 

Ia menjelaskan hingga saat ini tercatat sudah ada 27 desa wisata yang terbentuk di Kabupaten Lebong. Jumlah itu akan ditambah dengan target 8 desa wisata baru di tahun 2023 mendatang. Diantaranya seperti Desa Sungai Lisai Kecamatan Pinang Belapis dengan kearifan lokal yang dimiliki, Desa Semelako II Kecamatan Lebong Tengah dengan wisata kolam oemandian air panas, Desa Ketenong I dengan Air Terjun Dewa Ain, Desa Sungai Gerong Kecamatan Amen dengan wisata persawahan dan desa lainnya.

 

 

"Pembentukan desa wisata ini akan diputuskan melalui SK Bupati Lebong, " tambahnya.

 

 

Selain itu, pihaknya juga akan sekaligus mendata jumlah desa wisata yang aktif dan mana desa wisata yang jalan progresnya ditempat.

 

Sumber: