Malam Puncak Anugrah Desa Wisata, Ini Daftar Pemenangnya!

Malam Puncak Anugrah Desa Wisata, Ini Daftar Pemenangnya!

Malam Puncak Anugrah Desa Wisata, Ini Daftar Pemenangnya!--Jimmy Mayhendra

Malam Puncak Anugrah Desa Wisata, Ini Daftar Pemenangnya!

Radarkepahiang.id - Malam Puncak Anugrah Desa Wisata 2024, secara resmi dibuka oleh Gubernur Bengkulu, Prof. Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, MMA di Lapangan Kelurahan Kemumu, Kecamatan Arma Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara, Jumat 26 Juli 2024 malam.

 

Dalam pelaksanaannya, orang nomor 1 di Provinsi Bengkulu ini sekaligus mengumumkan daftar pemenang lomba desa wisata tahun 2024. Ada kabar baik sekaligus kabar buruk yang dibawa Gubernur Bengkulu dalam Malam Puncak Anugrah Desa Wisata ini.

BACA JUGA:60 Tanah Ditarget Bersertifikat Tahun Ini, 70 Tanah Masih Jadi PR!

Kabar baiknya, Desa Air Sempiang, Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang berhasil lolos dan menjadi juara ketiga dalam lomba desa wisata 2024 ini. Desa Air Sempiang berhasil lolos dengan meyakinkan dengan sejumlah destinasi wisata yang unggul dan menjadi perwakilan dari Kabupaten Kepahiang.

 

"Pengembangan desa wisata memiliki multiplier effect yang sangat luas bagi daerah, terutama desa. Dengan berkembangnya sektor wisata, maka juga mempengaruhi perkembangan di sektor lainnya. Seperti sektor UMKM, transportasi, keuangan, serta aktivitas sosial kemasyarakatan juga ikut bergerak secara dinamis. Dalam lomba desa wisata tahun ini, ada 3 kabupaten yang paling unggul yaitu Bengkulu Utara, Rejang Lebong dan Kepahiang," ujar Gubernur Bengkulu, Rohidin.

BACA JUGA:Tidak Ada Ruangan Lain yang Dirusak, Pelaku Sudah Tahu Ada Barang Berharga di Lab?

Sementara itu kabar buruknya, 2 desa lainnya yakni Desa Tangsi Duren Kecamatan Kabawetan dan Desa Batu Kalung Kecamatan Muara Kemumu yang sebelumnya lolos ke babak 10 besar, sama-sama gagal masuk ke 5 besar Desa Wisata Provinsi Bengkulu ini.

 

Bupati Kepahiang, Dr. Ir. H. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU yang juga menghadiri malam puncak Anugerah Desa Wisata di Bengkulu Utara ini mengatakan bahwa, 3 desa di Kabupaten Kepahiang yang dipilih untuk ikut dalam perlombaan Desa Wisata Provinsi Bengkulu seluruhnya sama-sama telah membanggakan dan mengharumkan nama daerah.

BACA JUGA:21 Unit Mikroskop Digondol Maling, Segini Kerugian SMPN 3 Tebat Karai!

"Kita sebelumnya mengirimkan 3 desa untuk ikut lomba desa wisata, alhamdulillah ketiganya bisa mencapai tahapan 10 besar. Bahkan pada malam puncak yang diselenggarakan di Bengkulu Utara tadi malam, salah satu desa kita yaitu Desa Air Sempiang berhasil lolos ke 3 besar. Itu sangat membanggakan, tapi kita tidak boleh berpuas diri, tahun depan kita harus berupaya agar bisa berada di posisi nomor 1," demikian bupati.

Sumber: