Pemkab Dorong Pengembangan Desa Wisata

Pemkab Dorong Pengembangan Desa Wisata

Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU--

RK ONLINE - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan di berbagai desa. Diantaranya sudah 10 desa yang ditetapkan sebagai desa wisata. Dengan begitu Pemkab Kepahiang terus mendorong pengembangan desa wisata, yang diharapkan mendongrak perekonomian masyarakat, minimal di wilayah setempat.

 

Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattulah Sjahid, MM, IPU mengatakan jika, dalam mengelola desa wisata tentu membutuhkan proses yang cukup panjang.

 

"Sudah ada desa yang ditetapkan sebagai desa wisata, kita berharap ini menjadi motivasi bagi desa lain, khususnya penggiat untuk terus mengembangkan dan menggali potensi desanya. Pemkab tentunya terus mendorong pengembangan desa wisata ini, terutama dalam mendongrak perekonomian masyarakat pedesaan," jelas Bupati.

 

Dikatakan Bupati, Pemkab berharap dapat membangun motivasi bagi pengelola desa wisata untuk lebih mengembangkan dan menggerakkan desa sebagai penggerak ekonomi dengan mengedepankan kearifan lokal.

 

BACA JUGA:Bupati Pastikan Pemkab Kepahiang Dukung Raperda Desa Wisata

 

"Memang sulit mengembangkan desa wisata, jika pengetahuan dan pemahaman yang kita dapat tidak diiringi dengan kemauan. Tapi saya yakin, desa-desa yang memiliki potensi, memiliki motivasi melakukan pengembangan desa wisata mengedepankan kearifan lokal," kata Bupati.

 

Disisi lain, penggiat wisata hendaknya bisa meningkatkan kunjungan wisatawan, salah satu faktornya adalah keamanan. Oleh karenanya, kalau rasa aman itu dirasakan oleh setiap wisatawan yang sudah mendatangi suatu tempat, bukan tidak mungkin wisatawan datang lagi dan semakin menikmati wisatanya karena aman dan nyaman.

Sumber: