HUT Provinsi Bengkulu Akan Dilaksanakan Berbagai Agenda

HUT Provinsi Bengkulu Akan Dilaksanakan Berbagai Agenda

DOK/RK : RAPAT : Pejabat Pemprov Bengkulu saat rapat membahas pelaksanaan kegiatan HUT Provinsi Bengkulu--

RK ONLINE - Gubernur Bengkulu, Dr. H Rohidin Mersyah, MMA bersama jajaran fokopimda, Rabu (28/9) kemarin menggelar rapat persiapan Pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Bengkulu ke-54 tahun 2022 di Balai Raya Semarak Bengkulu. 

Persiapan pelaksanaan HUT ke-54 yang jatuh pada 18 November 2022 mendatangkan ini tentunya akan dimeriahkan mengingat kondisi terkini pandemi Covid-19 yang sudah terkendali.  "Prinsip ini adalah HUT pertama setelah pandemi Covid-19, sehingga kita menginginkan kemeriahan dan partisipasi dari masyarakat. Maka selain kegiatan yang sudah baku dilakukan seperti upacara, paripurna istimewa, malam syukuran, juga diadakan kegiatan pendukung baik sifatnya kegiatan olahraga, hiburan, pemberdayaan ekonomi, penampilan budaya, termasuk melibatkan UMKM dan aspek kegiatan kepemudaan," papar Gubernur Rohidin usai melaksanakan rapat bersama jajaran forkopimda. 

Dalam pelaksanaan kegiatan memeriahkan HUT ini, gubernur Rohidin menekankan jika semua pihak dan daerah terlibat dalam pelaksanaanya. Kegiatan-kegiatan yang ada juga dibagi ke setiap wilayah kabupaten/kota. "Saya arahkan misalnya kegiatan moto trial zona se-Sumatra yang akan kita pusatkan di Kabupaten Kaur Rejang Lebong, bisa juga event karang taruna yang bisa dipusatkan di Rejang Lebong, Kepahiang atau Lebong. Untuk hal ini silakan dieksekusi siapa yang mengerjakan," tuturnya. 

Lebih lanjut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Bengkulu juga akan ikut memeriahkan HUT Provinsi Bengkulu dengan melaksanakan pekan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hasil binaan Baznas yang akan melaksanakan pameran produk-produknya.  "Dalam pekan UMKM ini nantinya apa yang dijual dan dipasarkan pelaku UMKM akan dibeli oleh Baznas untuk konsumsi masyarakat, sehingga menjadi wadah bagaimana mempromosikan produk mereka (para pelaku UMKM)," sampai Gubernur Rohidin. 

 

BACA JUGA:Pastikan Kesiapan Home Stay KBN

 

Selin itu, Pemprov Bengkulu juga akan menggelar Festival Umat Islam yang rencananya akan dipusatkan di Masjid Raya Baitul Izzah (MRBI) yang dalam pelaksanaan festival ini akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti kajian, seminar, didatangkan penceramah, tabligh akbar, hingga bazar Islam.

"Lalu juga ada pameran keislaman, dan dalam hal ini saya minta dari seluruh pendidikan Islam mulai dari PAUD hingga pergurun tinggi dan pesantren untuk terlibat. Kemudian ada juga usaha-usaha yang bernuansa Islami, baik UMKM, mungkin salon kecantikan, perbankan, dan lainnya yang berbasis Islam. Sehingga dengan kegiatan kita dapat melihat perkembangan perekonomi hingga seni budaya Islam yang ada di Bengkulu yang dipusatkan fi masjid raya," ungkap gubernur Rohidin. 

 

BACA JUGA:Gubernur Izinkan Masyarakat Ambil Limbah Batu Bara

 

Sekali lagi gubernur menekankan, dalam pelaksanaan HUT ke-54 Provinsi pada November mendatang akan melibatkan masyarakat secara menyeluruh. Sehingga HUT Provinsi Bengkulu dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Bumi Raflesia. 

"Dalam pelaksanaan ini pelibatan masyarakat harus diutamakan. Masyarakat menjadi pelaku dan menjadi bagian memeriahkan HUT Provinsi Bengkulu tahun 2022," pungkasnya. 

Sumber: