Festival Durian Diwacanakan Jadi Agenda Tahunan

Festival Durian Diwacanakan Jadi Agenda Tahunan

DOK/RK : FESTIVAL : Aktivitas pelaksanaan festival durian Pemkab Benteng, Sabtu (17/9)--

RK ONLINE - Pemkab  Bengkulu Tengah (Benteng) melaksanakan Festival Durian untuk pertama kalinya, Sabtu (17/9) di Halaman Kantor Bupati Benteng. Festival yang diikuti 11 kecamatan di Kabupaten Benteng ini dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Bengkulu Tengah, Heryandi Roni bersama jajaran Forkopimda. Turut hadir Kepala Perwakilan BPK Provinsi Bengkulu, unsur Forkopimda Provinsi Bengkulu, Ketua DPRD Bengkulu Tengah beserta Wakil Ketua I dan II, Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Pj Ketua TP PKK, Ketua Bhayangkari, Ketua Adhyaksa Dharmakarini, serta tamu undangan lainnya.

Pj Bupati Benteng, Heriyandi Roni menyampaikan, Festival Durian ini diselenggarakan dengan melibatkan berbagai elemen baik OPD di lingkungan Pemkab Benteng, masyarakat, maupun pihak terkait lainnya. 

"Festival Durian ini merupakan inisiatif atau ide dari jajaran. Dengan menampilkan buah durian terbaik dari setiap kecamatan di Kabupaten Bengkulu Tengah kita ingin memperkenalkan buah durian asli dari Kabupaten Bengkulu Tengah yang merupakan salah satu ikon kabupaten," katanya. 

Ia berharap dengan adanya festival durian ini, buah durian asli dari Bengkulu Tengah dapat di kenal oleh seluruh masyarakat di dalam daerah Bengkulu bahkan luar daerah. Juga sebagai sarana untuk menarik wisatawan lokal maupun nasional, bahkan internasional untuk berwisata di Provinsi Bengkulu, khususnya Kabupaten Bengkulu Tengah.

"Dengan meningkatnya wisatawan berkunjung akan berdampak positif pada perekonomian. Masyarakat dapat membuat usaha mikro dari olahan durian, yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," ungkapnya.

Antusias masyarakat yang semarak pada Festival Durian tahun 2022 ini sangat terlihat saat Pemkab Benteng menyiapkan sekitar 1.000 buah durian yang dibagikan gratis dan habis dalam waktu kurang dari 20 menit saja. Melihat hal ini dan meriahnya pelaksanaan festival, kegiatan ini diwacanakan untuk dijadikan sebagai agenda tahunan

 

BACA JUGA:Festival Durian Sambut Rute Penerbangan Baru Super Air Jet

 

Dukungan dilaksanakannya festival tahunan ini juga disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Bengkulu Tengah, Budi Suryantono. Dirinya sangat mendukung Festival Durian menjadi agenda tahunan sehingga festival ini nanti bisa dikenal secara nasional dan meningkatkan perekonomian masyarakat. 

"Kami dukung dilaksanakn setiap tahun. Dan saya berharap dengan Festival Durian ini juga meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya pelaku UMKM," singkatnya. 

Dalam festival durian tahun 2022 ini diumumkan juara dari 3 perlombaan yakni, untuk juara 1 Stand OPD terbaik jatuh kepada Dinas Perhubungan, lalu untuk Juara 1 Olahan Durian terbaik jatuh kepada Kecamatan Karang Tinggi. Sedangkan untuk Juara 1 Buah Durian terbaik jatuh kepada Kecamatan Merigi Sakti.

Sumber: