12.850 Warga Kota Bengkulu Terima BLT BBM

12.850 Warga Kota Bengkulu Terima BLT BBM

DOK/RK : BLT BBM : Masyarakat Kota Bengkulu saat menerima BLT BBM melaui Kantor Cabang Utama Pos Indonesia Bengkulu.--

RK ONLINE - Kementerian Sosial (Kemensos) RI sejak awal September 2022 sudah mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) terkait adanya kebijakan kenaikan harga BBM per 3 September 2022 lalu. Setidaknya ada sekitar 20,65 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang digelontorkan untuk bantuan ini. Di Kota Bengkulu sendiri jumlah penerima bantuan ini ada sebanyak 12.850 ribu KPM. Penyalurannya akan dilaksanakan mulai 7 hingga 16 September 2022 mendatang. 

"Tahap pertama penyaluran untuk 12.850 ribu KPM dengan besarannya bantuan yang diterima Rp 600 ribu. Sedangkan untuk penyaluran tahap dua kita masih menunggu pusat," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bengkulu, Riza Emilia, SE, MH.

Ia menambahkan, BLT BBM disalurkan dua kali yang mencakup untuk empat bulan. Yakni September hingga Desember. Penyaluran akan dilakukan langsung kepada KPM melalui Kantor Pos terdekat.

"Untuk penerima sendiri merupakan masyarakat yang masuk dalam program keluarga harapan (PKH) dan telah terdaftar di data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS)," papar Riza.

 

BACA JUGA:BLT BBM Tahap Pertama Mulai Disalurkan

 

Sementara itu, masyarakat ingin mengetahui apakah terdaftar sebagai penerima BLT BBM atau tidak dapat langsung mendownload aplikasi cek bansos dan dapat mengikuti instruksi dalam fitur aplikasi tersebut untuk mengetahui terdaftar atau tidak sebagai peserta penerima manfaat.

"Bagi masyarakat yang ingin tahu status bantuan, nanti bisa dicek, dengan mendownload aplikasi cek bansos," singkat Riza.

Sumber: