BNPB Tinjau Lokasi Banjir Kota Bengkulu

BNPB Tinjau Lokasi Banjir Kota Bengkulu

DOK/RK : TINJAU : Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, MayJen TNI Fajar Setyawan, S.I.P saat meninjau lokasi dan posko penaganan banjir--

RK ONLINE - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meninjau dan memberikan bantuan darurat bencana kepada korban bencana banjir di kota Bengkulu, Sabtu (3/9). Peninjauan ini dilakukan langsung oleh Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, Mayjen TNI Fajar Setyawan, S.I.P yang didampingi jajaran Pemerintah Kota Bengkulu, BPBD Provinsi Bengkulu, BPBD Kota Bengkulu, maupun dinas dan pihak terkait lainnya. 

Fajar menyampaikan, dengan status darurat bencana yang ditetapkan untuk Kota Bengkulu, upaya penanganan bencana yang dilakukan harus ada koordinasi dan sinergitas semua pihak. Baik antara pemerintah provinsi, pemerintah kota, TNI/Polri dan dinas/instansi terkait lainnya.

"Intinya dalam penanganan bencana perlu sinergitas, kerjasama antar pemerintah dan stakeholder terkait. Sehingga upaya yang dilakukan jelas, dan tidak ada korban jiwa pada warga yang terdampak atas banjir Kota Bengkulu,” ungkapnya. 

Ia menjelaskan, dalam terjadinya bencana pemerintah akan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat yang dilanda bencana. Hal tersebut merupakan keharusan, apalagi sesuai dengan instruksi presiden, yang menyatakan bahwa pemerintah harus hadir dimanapun ketika masyarakat membutuhkan. 

"Untuk itu, BNPB akan melaksanakan pendampingan dan assesment terhadap dampak bencana, baik penanganan jangka pendek hingga jangka panjang yang nantinya akan dibahas terlebih dahulu,” tambahnya.

 

BACA JUGA:Komisi V DPR RI Turun Bahas Banjir di Bengkulu

 

Kedatangan BNPB ke Kota Bengkulu selain untuk mengecek lokasi banjir di kota bengkulu dan mengecekan dapur umum di BPBD Kota Bengkulu, juga untuk memberikan bantuan kepada Pemkot Bengkulu dalam membantu masyarakat yang terdampak banjir.

“Saya disini juga membawa sedikit logistik dengan dana operasional untuk membantu meringankan daerah yang terdampak banjir. Semoga ini dapat digunakan dalam rangka percepatan penanganan keadaan darurat seperti di Kota Bengkulu,” tukas Fajar.

Terpisah, Aisten II Setda Kota Bengkulu, Saipul Apandi menyampaikan ucapan terimakasih atas bantuan yang disalurkan pemerintahan pusat dalam hal ini BNPB ke Pemkot Bengkulu untuk masyarakat yang terdampak banjir. 

"Kita kedatangan tamu yakni Deputi III Bidang Penanganan Darurat BNPB bapak Mayjen Fajar Setiawan dalam rangka pemantauan penanganan musibah banjir. Mudah-mudahan bantuan dan dana yang diberikan dapat membantu dan bermanfaat untuk masyarakat kita," singkat Saipul.

Sumber: