Sudah Dibagi

Sudah Dibagi

DOK/RK : BAGI : Bibit padi dibagikan kepada kelompok petani.--

RK ONLINE - Produktivitas pertanian padi di Kabupaten Kepahiang terus ditingkatkan, salah satunya dengan memberikan bantuan benih padi unggulan, pupuk, maupun pestisida. Teranyar, Pemerintah Kabupaten Kepahiang menyalurkan bantuan benih padi yang merupakan alokasi bantuan dari Kementan RI.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP menjelaskan, sebanyak 1.200 Ha bantuan padi dialokasikan untuk Kabupaten Kepahiang di tahun ini. Rata-rata benih padi untuk 1 Ha sawah sebanyak 20 Kg, dengan asumsi total benih padi yang diterima sekitar 2,4 ton. "Benih padi tersebut telah didistribusikan pada kelompok petani penerima. Totalnya ada 120 Poktan penerima yang tersebar di Kabupaten Kepahiang," sampai Hernawan.

 

BACA JUGA:Pupuk Bersubsidi

 

Bantuan benih padi yang diberikan pemerintah tersebut, dikatakan Hernawan, agar petani tidak kesulitan atau terbebani lagi dengan biaya bercocok tanam. Apalagi masih disituasi sulitnya ekonomi dampak Covid-19. "Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas, sehingga target program sejuta ton beras bisa terwujud. Petani harus semangat untuk meningkatkan produktivitas pangan sektor padi. Lahan-lahan yang selama ini tidak diolah, mungkin dapat dimanfaatkan," jelas Hernawan.

Selain padi, kata Hernawan, bantuan yang akan diberikan pemerintah pusat adalah benih jagung yang alokasinya pada tahun ini seluas 750 Ha. Hanya saja, karena daerah sifatnya menunggu distribusi, maka sejauh ini masih menunggu kepastian dari pemerintah pusat.

Sumber:

Berita Terkait