Kepahiang Terik

Kepahiang Terik

DOK/RK : Kepala BMKG Stasiun Geofisika Klas III Kepahiang, Litman, ST--

RK ONLINE - BMKG Stasiun Geofisika Klas III Kepahiang memprediksi cuaca di wilayah Kabupaten Kepahiang akan panas, tidak turun hujan beberapa hari ke depan."Selama 2 hari ke depan (Senin- Selasa, red) pada pagi cuaca di wilayah Kabupaten Kepahiang cerah berawan, selanjutnya akan berawan tebal. Namun walaupun berawan tebal, diprediksi tidak turun hujan," kata Stasiun Geofisika Klas III Kepahiang, Litman, ST, Minggu (7/8) kemarin.

Dengan tidak turun hujan, suhu di Kabupaten Kepahiang berada pada 18 - 29 derajat celcius dan kecepatan angin 10 Km/ jam dan kelembaban 60 - 100 persen. "Cuaca panas pada pagi hari dan berawan di sore hari, suhu daerah Kabupaten Kepahiang masih terasa dingin saat malam hari. Kita lihat selama 2 hari ke depan suhu di Kabupaten Kepahiang bisa mencapai 18 - 29 derajat celcius," kata Litman. 

Menurutnya, dengan kondisi cuaca yang panas tapi wilayah Kabupaten Kepahiang bisa saja sewaktu-waktu diguyur hujan. Misalnya 9 Agustus mendatang ada potensi turun hujan di wilayah Kabupaten Kepahiang. Kondisi ini terjadi karena adanya suplai uap dari saumdera hindia ke wilayah ke wilayah sumatera bagian barat yang signifikan, kelembaban udara yang cukup basah dari lapisan bawah hingga atas serta labilitas udara yang cukup kuat pada atmosfer wilayah Bengkulu.  "Sejumlah faktor di atas dapat menyebabkan potensi pembentukan awan hujan termasuk di wilayah Kabupaten Kepahiang," demikian Litman. (and)

Sumber: