Kedatangan Menparekraf, Rejang Lebong Siapkan Diri

Kedatangan Menparekraf, Rejang Lebong Siapkan Diri

DOK/RK : Kepala Dispar Rejang Lebong, Budianto, ST--

RK ONLINE - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Rejang Lebong tengah mempersiapkan diri menyambut kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno ke Desa Belitar Seberang Kecamatan Sindang Kelingi. Hal ini berkaitan dengan penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang digelar Kemenparekraf. Desa Belitar Seberang masuk 50 besar dalam ajang tersebut.

"Kami sudah melakukan persiapan dan berkoordinasi dengan pihak Pemprov Bengkulu guna melakukan penyambutan rencana kedatangan Menparekraf bersama rombongan ke Desa Belitar Seberang, hanya saja sampai saat ini kita belum tahu jadwalnya kapan akan tiba di Rejang Lebong, " jelas Kepala Dispar Rejang Lebong, M. Budianto.

Informasi yang beradar di tengah masyarakat, Menparekraf bersama dewan juri ADWI 2022 akan tiba pada 3 Agustus mendatang bersamaan dengan pelaksanaan Festival Tabut di Kota Bengkulu. Hanya saja, secara resmi pihaknya belum mengetahui jadwal pastinya. 

"Sampai saat ini kita belum bisa memastikan pada tanggal itu pak menteri datang atau tidak, pemberitahuan resminya belum ada. Biasanya satu minggu sebelum kedatangan pak menteri baru ada pemberitahuan, " tambahnya.

Sembari menunggu jadwal pasti, berbagai persiapan saat ini terus dilakukan. Mulai dari membersihkan lokasi desa wisata, keamanan, kenyamanan, akses jalan menuju ke lokasi dan lainnya. Sementara untuk penyiapan sarana prasarana pendukung sejauh ini sudah disiapkan oleh pihak Desa Belitar Seberang dengan didukung sejumlah sponsor. Seperti SPN Polda Bengkulu, perbankan, perguruan tinggi swasta maupun Pemkab Rejang Lebong, Pemprov Bengkulu dan lainnya.

" Saat ini Desa Belitar Seberang menjadi satu-satunya desa wisata di Provinsi Bengkulu yang berhasil menembus 50 besar penilaian ADWI 2022, dengan wisata unggulan berupa Air Terjun Tri Sakti yang memiliki ketinggian hingga 86 meter, " singkatnya. (cok)

Sumber: