Panas dan Berkabut

Panas dan Berkabut

DOK/Net : Ilustrasi Prakiraan Cuaca--

RK ONLINE - Wilayah Kabupaten Kepahiang diprediksi BMKG Stasiun Geofisika Klas III Kepahiang tidak diguyur hujan hingga beberapa hari ke depan. Bahkan diprediksi cuaca di wilayah Kabupaten Kepahiang cukup terik pada siang. Sementara di malam hari berkabut embun. Ini disampaikan Kepala BMKG Stasiun Geofisika Klas III Kepahiang, Litman, ST.

Dipaparkannya, dari pantauan pihaknya cuaca di wilayah Kabupaten Kepahiang akan terasa panas dari pagi hingga sore hari. Sementara malam hari cuaca berkabut embun hingga subuh. Kabut embun yang terjadi dimungkinkan mengganggu jarak pandang khususnya pengendara. "Kita mengimbau masyarakat yang berkendara pada malam hari agar meningkatkan kewaspadaannya ketika melintas wilayah Kabupaten Kepahiang, seperti di jalan lintas gunung. Sebab

kabut embun yang terjadi dimungkinkan bisa mengganggu jarak pandang," kata Litman. 

Menurutnya, walaupun kondisi cuaca panas, namun di malam harinya masih akan terasa dingin. Hal ini terjadi karena suhu di wilayah Kabupaten Kepahiang berada pada 21 - 32 derajat celcius. Kemudian kecepan angin 10 Km per jam dan kelembaban 65 - 95 persen.

"Biasanya saat dengan tidak terjadi hujan langit cerah sehingga radiasi balik dari bumi langsung ke angkasa tanpa terpantulkan awan. Hawa menjadi lebih dingin, lantaran radiasi tidak terpantulkan awan dan membuat suhu di permukaan bumi menjadi turun hingga terasa dingin," demikian Litman. (and)

Sumber: