Bupati Hidayattulah Ajak Masyarakat Teladani Nabi Ibrahim

Bupati Hidayattulah Ajak Masyarakat Teladani Nabi Ibrahim

DOK/RK : SEMBELIH : Bupati Hidayattullah menyembelih hewan kurban di Masjid Agung, Minggu (10/7).--

656 Hewan Kurban Disembelih

 

RK ONLINE - Hari raya Idul Adha 1443 H hendaknya digunakan sebagai momentum meneladani keikhlasan Nabi Ibrahim serta meningkatkan solidaritas sosial. Hal itu disampaikan Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU pada pagi Minggu (10/7) usai melaksanakan shalat ied di Masjid Agung Baitul Hikmah. Hari raya Idul Adha ucapnya, merupakan hari raya kurban yang berarti berkurban untuk tujuan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. "Kita memaknai Idul Adha dengan meneladani kesabaran dan keikhlasan Nabi Ibrahim AS dalam melaksanakan perintah Allah SWT," ucap Bupati.

Meneladani kisah Nabi Ibrahim, Bupati mengajak umat Islam agar memaknai Idul Adha dengan meneladani keikhlasan dan kesabaran. Dengan mengingat makna yang terkandung dalam Idul Adha, mengintropeksi diri sejauh mana keikhlasan terutama dalam menjalankan ibadah untuk melanjutkan tingkatnya hingga seperti yang telah diteladankan Nabi Ibrahim AS. 

Dalam kesempatan ini, Bupati mengapresiasi tingginya niat masyarakat di Kabupaten Kepahiang untuk berkurban. Penyembelihan hewan-hewan kurban ini tersebar di Kabupaten Kepahiang. "Tahun ini jajaran Pemkab Kepahiang saja menyembelih 9 ekor hewan kurban. Semoga ada peningkatan dari tahun ke tahun," singkat Bupati. 

Sementara itu, dari 117 desa/kelurahan di Kabupaten Kepahiang total hewan kurban yang disembelih 565 ekor. Rinciannya 199 ekor Sapi, 5 ekor kerbau dan 452 ekor kambing. Dengan jumlah hewan kurban yang disembelih sebanyak ini, diyakini jika seluruh masyarakat Kabupaten Kepahiang bisa menikmati daging kurban walaupun tidak banyak. 

"Kita mendapat laporan dari desa/kelurahan, total 656 hewan kurban tahun ini di Kabupaten Kepahiang. Proses penyembelihan dilakukan mulai kemarin (Sabtu, red), hari ini (Kemarin, red) dan beberapa hari ke depan," kata Kabag Kesra Setkab Kepahiang, Mashuri Renoldi, S.Pd.I, M.Pd. 

Disampaikan pria yang sering disapa ustad reno Akay tersebut, di Masjid Agung Baitul Hikmah Kabupaten Kepahiang dilaksanakan penyembelihan hewan kurban dari jajaran Pemkab Kepahiang sebanyak 9 ekor. Dari 9 hewan kurban ini, dibagikan kepada 800 warga. "Tadi (Kemarin, red) simbolisnya sudah dilakukan pemotongan 2 hewan kurban dan sudah dibagikan 200 kupon untuk 7 desa terdekat dengan masjid agung. Penyembelihan akan kita lanjutkan besok (Hari ini, red)," demikian Mashuri. (and)

Sumber: