Resmikan Perpusdes, Meranti Jaya Target SDM Berkualitas Dengan Literasi

Resmikan Perpusdes, Meranti Jaya Target SDM Berkualitas Dengan Literasi

Peresmian Perpusdes Meranti Jaya ditandai dengan pemotongan pita.-Jimmy Mayhendra-

RK ONLINE - Desa Meranti Jaya Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, Selasa (28/6/22) meresmikan Perpustakaan Desa (Perpusdes). Berada tepat di samping bangunan Balai Desa, Perpusdes Meranti Jaya ini didirikan dengan tujuan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan memiliki kemampuan literasi yang tinggi.

BACA JUGA: Vaksinasi PMK Diutamakan pada Sapi Sehat

 

Kades Meranti Jaya, Jamaludin mengatakan bahwa tahun ini pascadiresmikan Perpusdes, Meranti Jaya telah siap 100 persen untuk menjadi mitra kerja dari Dinas Kearsiapn dan Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Kepahiang. Nantinya untuk mengoptimalkan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS), Pemerintah Desa (Pemdes) Meranti Jaya akan mengajak masyarakat untuk pro aktif dalam melakukan kegiatan di Perpusdes.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Rumah Warga Pelangkian Kebakaran

 

"Nanti kami akan mempromosikan sekaligus mensosialisasikannya kepada masyarakat untuk melakukan kegiatan di Perpusdes. Bersamaan dengan itu mereka juga akan di tuntun untuk membaca buku yang sudah kami sediakan," ujar Jamaludin. 


Penyerahan akta pembangunan Perpusdes Meranti Jaya-Jimmy Mayhendra-

Lebih lanjut dirinya mengatakan, pembangunan Perpusdes yang bersumber dari Dana Desa (DD) ini akan dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh lapisan masyarakat Meranti Jaya. Jamaludin juga mengungkapkan bahwa dirinya beserta jajaran perangkat akan menyasar sekolah - sekolah di wilayah desa setempat untuk menjadi mitra.

 

"Siapapun boleh untuk melakukan kegiatan di perpustakaan ini, asalkan melakukan kegiatan yang positif. Nanti kita juga akan ajak sekolah - sekolah untuk menjadi mitra Perpusdes ini," lanjutnya.

BACA JUGA:Pernah Beraksi di Kepahiang, Pelaku Curanmor Didor

 

Sementara itu Kadis Perpusda Kabupaten Kepahiang, Mukhtar Yatib, S.Pd melalui Kabid Perencanaan, Darwis mengungkapkan kalau pihaknya sangat mengapresiasi jajaran Pemdes Meranti Jaya yang telah mengedepankan literasi untuk kemajuan SDM di desa setempat. Terlebih sebelum ini, sudah ada 7 desa yang menjadi mitra Perpusda dalam menjalankan program TPBIS. Dengan adanya penambahan mitra ini, Darwis juga berharap, semakin banyak lagi desa-desa di Kabupaten Kepahiang yang mengikuti jejak Meranti Jaya. Sehingga SDM di Kabupaten Kepahiang ini akan semakin maju dan berkualitas.

Sumber: