Hasil Panen Kopi Meningkat Berlipat, Ternyata Pupuk Subsidi Jenis Ini Paling Cocok Untuk Petani Komoditas Kopi

Sabtu 13-07-2024,19:14 WIB
Reporter : Reka Fitriani
Editor : Hendika

Kemudian pascapanen yang diperlukan adalah memberikan unsur hara yang hilang akibat terangkut oleh hasil panen kopi. Sehingga untuk awal pertumbuhan kopi, diperlukan unsur N, P, K Mg dan Ca agar dapat menunjang pertumbuhan tanaman kopi kembali subur dan membuahkan hasil panen yang memuaskan sesuai harapan.

 

2. Pembentukan Bunga

Selain pemberian pupuk pada komoditas kopi, petani juga wajib memperhatikan perawatan saat pembentukan bunga. Jika tanaman kopi sudah memasuki masa-masa generatif dalam pembentukan bunga, tanaman kopi sangat banyak membutuhkan unsur hara kalium serta fospor.

 

Fosfor dapat membantu tanaman kopi, untuk memperlancar proses metabolisme serta membentuk bunga pada tanaman kopi. Sedangkan untuk kalium, memiliki manfaat untuk membantu agar bunga yang sudah muncul tidak rontok serta dapat memperlancar pembentukan buah.

BACA JUGA:Jangan Sampai Salah, Ini Cara Melarutkan Pupuk NPK yang Baik dan Benar Sesuai Takaran yang Tepat

Oleh karena itu, untuk memaksimalkan hasil panen kopi meningkat berlipat dengan pesat, diperlukan langkah lebih lanjut seperti pemberian pupuk sesuai dengan takaran kebutuhan.

 

3. Pembentukan buah

Selanjutnya pada fase pembentukan buah, tanaman kopi sangat membutuhkan banyak unsur hara, sama halnya kandungan unsur hara saat pembentukan bunga, yaitu Fosfor dan kalium. 

Namun kegunaan dari dua unsur hara ini sangat dibutuhkan untuk membantu dalam proses pembentukan protein, karbohidrat serta biji pada buah kopi.

 

4. Pembesaran buah

Untuk pembentukan buah pada tanaman kopi, diperlukan adanya unsur hara kalium dan Phospate agar dapat memenuhi kebutuhan tanaman saat pembuahan. 

BACA JUGA:Pemerintah Permudah Petani Mendapatkan Pupuk Subsidi, Cukup Mengguakan KTP Elektronik!

Kategori :