Musim Hujan Waspada Terjangkit Cacar Air, Berikut Gejala, Faktor Risiko Hingga Cara Mengobati Cacar Air

Kamis 11-01-2024,15:18 WIB
Reporter : Jimmy Mahendra
Editor : Hendika

4. Nyeri otot.

5. Rasa lelah berlebihan.

6. Mual. 

BACA JUGA:Diet Menggunakan Nanas, Cara Efektif Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Setelah 1-2 hari mengalami gejala tersebut, sejumlah ruam mulai muncul dan berkembang. Ruam tersebut mengalami 3 fase perkembangan, seperti:

Muncul benjolan merah atau merah muda di seluruh tubuh.

Benjolan tersebut kemudian berubah menjadi lepuhan berisi cairan. Ketika mulai sembuh, benjolan menjadi pecah, kering, dan berkerak.

 

Dalam satu waktu, benjolan ruam di sekujur tubuh tidak selalu berada di fase perkembangan yang sama. Benjolan baru bisa saja terus muncul selama virus masih menginfeksi tubuh. Pengidap masih bisa menularkan pada orang lain hingga lepuhan di tubuhnya kering dan mengelupas dalam waktu 7-14 hari. 

BACA JUGA:Jaga Keindahan Wajah Melalui Rutinitas Mudah Perawatan Kulit Pagi Hari

Penyebab Cacar Air

Penyebab utama cacar air adalah infeksi virus Varicella zoster. Virus tersebut dapat menyebar melalui kontak langsung dengan ruam. Selain itu, penularan virus Varicella zoster juga dapat menyebar ketika seseorang dengan cacar air batuk atau bersin dan terhirup oleh seseorang melalui droplet di udara.

 

Jika seseorang tertular, maka infeksi akan dimulai dengan munculnya ruam. Kemudian, ruam tersebut berubah menjadi bintil merah berisi cairan yang terasa gatal, dan mengering dalam jangka waktu tertentu. Bintil tersebut kemudian menjadi koreng dan terkelupas dalam waktu 7 hingga 14 hari.

BACA JUGA:Tak Percaya Diri Karena Wajah Berminyak, Ini Penyebabnya Berikut Tips Mengatasi Muka Berminyak

Faktor Resiko Cacar Air

Kategori :