Musim Kemarau, Pemkab Kepahiang Antisipasi Lonjakan Harga Pangan

Musim Kemarau, Pemkab Kepahiang Antisipasi Lonjakan Harga Pangan

Sekda Kepahiang, Hartono pastikan Pemkab Kepahiang antisipasi lonjakan harga pangan selama musim kemarau berlangsung.--Radarkepahiang.id

Radarkepahiang.id - Memasuki musim kemaru, Pemkab Kepahiang berupaya mengantisipasi terjadinya lonjakan harga pangan. Kondisi ini dikhawatirkan mempengaruhi stok dan ketersediaan bahan pokok penting di Pasar Kepahiang.

 

Terlebih dari hasil pertanian yang juga akan mempengaruhi harga pangan. Dengan begitu, Sekda Kepahiang, Dr. Hartono, M.Pd, MH mengatakan jika Pemkab Kepahiang berupaya untuk mengantisipasi jika terjadinya lonjakan harga pangan.

BACA JUGA:Pendapatan Parkir Bocor, Siap-Siap Dinas Perhubungan Kepahiang Lakukan Langkah Ini!

BACA JUGA:3 Calon Bupati dan Wakil Bupati Kepahiang Dipastikan Bebas Hutang!

Upaya mengantisipasi ini menurut Hartono, dilakukan sebagai antisipasi agar tidak terjadinya Panic Buying di tengah masyarakat akibat stok pangan yang berkurang. Karena dia mengkhawatirkan, hal tersebut dapat berdampak pada kenaikan harga pangan. 

 

"Selain OPD terkait, kita juga melibatkan stakeholder lainnya Dandim 0409/RL, Polres Kepahiang, Kejari Kepahiang, Bulog dan pihak lainnya," sampai Hartono, saat memimpin rapat koordinasi tindak lanjut antisipasi ketersediaan pasokan dan kenaikan harga pangan akibat cuaca ekstrem, kemarin.

BACA JUGA:Manfaatkan Momen Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Kepahiang, Pedagang Ini Ketiban Rezeki Nomplok!

BACA JUGA:Bukan Hanya Lulusan SMA, Seleksi CPNS Tahun 2024 Buka Peluang Besar Lulusan SMK Berkarier Sebagai ASN

Upaya mengantisipasi melonjaknya harga pangan ini sambung Hartono, diharapkan dapat ditanggapi secara serius oleh seluruh stakeholder. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melaksanakan operasi pasar murah.

 

"Kemudian rutin melakukan Sidak pasar, agar tidak adanya penyimpangan bahkan penimbunan barang pokok penting. Kemudian kerja sama seluruh distributor demi kelancaran pasokan," jelas Sekda Kepahiang.

 

Sumber: