Indonesia Termasuk Negara Ekspor Lada Terbesar di Dunia, Ini 5 Negara Tujuan Ekspor Lada!

Indonesia Termasuk Negara Ekspor Lada Terbesar di Dunia, Ini 5 Negara Tujuan Ekspor Lada!

Indonesia menjadi negara pelaku ekspor lada terbesar di dunia yang mempengaruhi harga lada Indonesia.--istimewah

Radarkepahiang.id - Indonesia merupakan salah satu produsen lada terbesar di dunia. Dengan alasan itu pula, harga lada di Indonesia masih terbilang aman dan stabil bagi para petani lada.

Bumbu masak yang paling banyak dikonsumsi hampir di seluruh negara ini, memiliki 2 jenis berbeda namun tetap merupakan lada asal Indonesia.

BACA JUGA:Daftar Harga Kopi Termahal di Dunia, Kopi Indonesia Termasuk!

BACA JUGA:Harga Kopi Rp 67 Ribu Perkilo, Toke Kopi Kepahiang Satu Ini Siap Tampung Penjualan Kopi Grade A, Dibayar Cash!

Pertama Lada hitam berry dengan pericarp utuh (daging dan kulit yang mengelilingi biji). 

Dalam proses produksinya, buah beri dipanen saat masih hijau, namun menjadi gelap saat dikeringkan akibat oksidasi enzimatik. Di sebagian besar negara penghasilnya, lada dikeringkan di bawah sinar matahari secara langsung.

 

Kemudian yang kedua adalah Lada putih buah beri matang dengan pericarp dibuang.

Ini pada dasarnya adalah biji merica. Lada putih umumnya diproduksi dengan merendam buah beri yang sudah matang dalam air. Proses ini menguraikan pericarp yang kemudian dapat dengan mudah dihilangkan.

BACA JUGA:Harga Kopi Masih Tinggi, Petani Kopi Indonesia Diminta Jaga Kualitas Produksi

BACA JUGA:Kementerian Perdagangan Bahas Peningkatan Mutu dan Kualitas yang Pengaruhi Harga Lada

Di sisi lainnya, Indonesia merupakan negara ke-6 terbesar untuk ekspor lada di dunia pada tahun 2023. Pada saat itu, Indonesia memiliki nilai sekitar 151 juta USD. Tingginya ekspor lada Indonesia ini tentu mempengaruhi harga lada di Indonesia.

 

Posisi pertama ditempati oleh India dengan nilai ekspor sekitar 1,17 milyar USD. Negara tetangga Indonesia yaitu Vietnam menempati posisi kedua dengan nilai ekspor sekitar 916 juta USD. Indonesia juga kalah dari China, Brazil dan Spanyol untuk urusan ekspor lada.

Sumber: