Kalibrasi Arah Kiblat, KUA Jajaran Kantor Kemenag Kepahiang Terima Layanan Permintaan Pengukuran Arah Kiblat

Kalibrasi Arah Kiblat, KUA Jajaran Kantor Kemenag Kepahiang Terima Layanan Permintaan Pengukuran Arah Kiblat

KUA jajaran Kementerian Agama Kabupaten Kepahiang melakukan kalibrasi arah kiblat atau pengukuran arah kiblat di Masjid At-Taqwa--Radarkepahiang.id

Radarkepahiang.id - KUA jajaran Kementerian Agama Kabupaten Kepahiang kini menyediakan pelayanan pengukuran arah kiblat yang tentunya ditangani oleh para ahli yang tergabung dalam tim kalibrasi arah kiblat

 

Bahkan belum lama ini kegiatan kalibrasi arah kiblat ini sudah dilakukan KUA Kecamatan Kepahiang di Masjid At- Taqwa. Kepala KUA Kepahiang, Zulvi Nuryadin, S.Sos.I, MH mengatakan jika kalibrasi ini bertujuan untuk memudahkan umat muslim dalam menentukan arah kiblat ketika melaksanakan ibadah salat.

BACA JUGA:Program Pemutihan Pajak Kendaraan Pemprov Bengkulu, Ini yang Wajib Diketahui Masyarakat!

Menurut Zulvi, sesuai dengan ketentuannya kalibrasi arah kiblat ini harus melalui serangkaian prosedur pengukuran arah kiblat agar terarah dengan akurat.

 

"Kalibrasi arah kiblat ini penting, KUA tentu akan melayani usulan permohonan ataupun permintaan pengurus masjid yang mengajukan kalibrasi arah kiblat. Maka tim kalibrasi pengukuran arah kiblat pada KUA akan melakukan pengukuran arah kiblat di masjid ataupun mushalah," ujar Zulvi.

BACA JUGA:Jangan Lewatkan, Ini 3 Keuntungan Program Pemutihan Pajak Kendaraan 2024 Provinsi Bengkulu

Dijelaskan Zulvi, pengukuran ulang arah kiblat merupakan upaya dalam memberikan kepastian dan kenyamanan jemaah dalam ibadah shalat dengan lebih tenang dan khusyuk. Dia menjelaskan perubahan sudut derajat diklaim bukan untuk mengubah atau memindahkan arah kiblat.

 

"Arah kiblat itu tidak berubah, hanya penyempurnaan bagi bangunan masjid yang arah kiblatnya, akurasi ini perlu dilakukan dan itu banyak terjadi pada masjid-masjid maupun mushalah," ujar Zulvi.

 

Di sisi lain, lanjut Zulvi untuk mengkoreksi arah kiblat itu, paling tepat matahari berada dpada posisi istimewa, yakni saat melintas tepat diatas Ka'bah. Bahkan kalibrasi arah kiblat bisa dilakukan pada saat fenomena alam yang dikenal dengan istilah A'dham atau Rashdul Qiblah.  

BACA JUGA:CATAT! Ini Jadwal Rutin Samsat Petang dan Malam Saat Pemutihan Pajak Kendaraan 2024

Sumber: