ODGJ Berkeliaran di Ujan Mas dan Merigi, Dinsos: Jangan Diusik!

ODGJ Berkeliaran di Ujan Mas dan Merigi, Dinsos: Jangan Diusik!

ODGJ Berkeliaran di Ujan Mas dan Merigi, Dinsos: Jangan Diusik!--Jimmy Mayhendra

ODGJ Berkeliaran di Ujan Mas dan Merigi, Dinsos: Jangan Diusik!

RK ONLINE - Hingga Sabtu 6 April 2024, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kepahiang masih terus melakukan pemantauan terhadap ODGJ yang dilaporkan masih kerap berkeliaran di Kabupaten Kepahiang, khususnya di Kecamatan Ujan Mas dan Merigi.

Sembari melakukan penjaringan ulang, Dinsos juga meminta agar masyarakat turut serta berkontribusi membantu tugas Dinsos Kepahiang dalam menyampaikan laporan sedetil-detilnya. Hal ini bertujuan agar Dinsos Kepahiang lebih mudah untuk mendapatkan informasi dan mencari tahu keberadaan ODGJ yang dimaksud agar dapat segera ditindak lanjuti.

BACA JUGA:Jika Berminat Mengadopsi Bayi Perempuan yang Ditemukan di Pondok Sawah, Pastikan Kreteria Ini Terpenuhi!

Disamping itu, Kepala Dinsos Kepahiang, Helmi Johan, M.Pd mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak serta merta mengusik ODGJ manapun yang tampak berkeliaran. Peringatan ini ditujukan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kepahiang, terkhususnya orang tua yang memiliki anak-anak di bawah umur.

 

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat yang bertemu dengan ODGJ, agar tidak mengusik ODGJ tersebut. Sebab banyak informasi yang kami terima kalau ODGJ ini sering diganggu, terutama oleh anak-anak, karena ini sangat beresiko bagi keselamatan," ujar Helmi Johan.

 

Namun yang lebih utama dalam menangani kasus serangan ODGJ ini lanjut Helmi, peran orang tua atau pihak keluarga dari ODGJ yang bersangkutan sangatlah besar. Sebab menurutnya, hanya pihak keluarga yang lebih mengetahui sejauh mana kondisi ODGJ tersebut, jika memang sudah sangat parah, maka Dinsos meminta agar pihak keluarga segera melaporkannya.

BACA JUGA:Terkait Penyelidikan Kasus Penemuan Bayi Perempuan, Polisi: Sudah ada Titik Terang!

"Yang paling utama itu adalah pihak keluarga, jadi kalau memang kondisi ODGJ tersebut sudah sangat parah, silahkan laporkan kepada kami," lanjutnya.

 

Sementara itu diberitakan sebelumnya, menanggapi informasi dari masyarakat Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu terkait banyaknya ODGJ yang dibiarkan berkeliaran di seputar kawasan Kecamatan Ujan Mas dan Merigi, Dinsos Kabupaten Kepahiang akhirnya mengambil tindakan.

Berkolaborasi dengan Polsek Ujan Mas, Polres Kepahiang, Polda Bengkulu, Dinsos akhirnya mendatangi satu persatu rumah ODGJ yang dikabarkan kerap meresahkan masyarakat setempat. Helmi menuturkan bahwa saat ini, Dinsos Kepahiang akan mendata ulang sejumlah ODGJ yang dilaporkan kerap ngamuk dan membuat keresahan tersebut.

Sumber: