Doa Paling Mustajab, Ketahuilah Kalau Sebenarnya Ini Keutamaan Bulan Suci Ramadhan Bagi Umat Islam

Doa Paling Mustajab, Ketahuilah Kalau Sebenarnya Ini Keutamaan Bulan Suci Ramadhan Bagi Umat Islam

Doa Paling Mustajab, Ketahuilah Kalau Sebenarnya Ini Keutamaan Bulan Suci Ramadhan Bagi Umat Islam--Radarkepahiang id

Pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan, terdapat malam yang kebaikannya lebih daripada seribu bulan, yakni malam Lailatul Qadar. Allah SWT merekam malam ini dalam Al-Quran, tepatnya pada surat Al-Qadr.

 

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada Lailatul Qadar. Tahukah kamu apakah Lailatul Qadar itu? Lailatul Qadar itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam) itu sampai terbit fajar." (QS. Al-Qadr: 1-5)

BACA JUGA:Tak Perlu Khawatir Memori Penuh Lagi, Ini 8 Cara Mudah Mengatasi Memori Penuh di HP Android

4. Bulan dengan Kewajiban Berpuasa

Salah satu keutamaan bulan Ramadhan ketimbang bulan lainnya adalah adanya kewajiban berpuasa. Hal ini tidak dimiliki oleh bulan-bulan selain Ramadhan. Bagi umat Islam yang mengerjakannya, maka Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa ia akan masuk surga.

 

"Dari Abu Abdullah, Jabir bin Abdullah Al-Anshary RA: Seseorang bertanya kepada Rasulullah SAW seraya berkata: Bagaimana pendapatmu jika saya melaksanakan sholat yang wajib, berpuasa Ramadhan, menghalalkan yang halal dan mengharamkan yang haram dan saya tidak tambah sedikitpun, apakah saya akan masuk surga? Beliau bersabda: Ya." (riwayat Muslim).

 

5. Sebagai Bulan Doa Paling Mustajab

Ibadah puasa hukumnya wajib bagi kaum Muslim di bulan Ramadhan. Memang benar bahwa ada keringanan atau rukhsah untuk beberapa kondisi, tetapi secara umum, hukum berpuasa Ramadhan adalah wajib.

BACA JUGA:Cek Sekarang! Ini Cara Mudah Tes Kecepatan Internet WiFi dan Mobile Data

Rasulullah SAW pernah mengatakan bahwasanya orang yang berpuasa maka doanya mustajab. Hal ini tertera dalam hadits yang diriwayatkan oleh Baihaqi sebagai berikut.

"Ada tiga macam doa yang mustajab, yaitu doa orang yang sedang puasa, doa musafir dan doa orang yang teraniaya," demikian Rasulullah.

Sumber: