Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati Menjamin THR PNS dan TNI Polri Dibayar 100 Persen

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati Menjamin THR PNS dan TNI Polri Dibayar 100 Persen

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati Menjamin THR PNS dan TNI Polri Dibayar 100 Persen/--garuda.industry.co.id

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati Menjamin THR PNS dan TNI Polri Dibayar 100 Persen

RK ONLINE - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, memastikan jika Tunjangan Hari Raya (THR) Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS), PPPK serta TNI dan Polri akan dibayarkan penuh pada tahun 2024. Pembayaran THR ini akan dimulai tepat 10 hari sebelum Lebaran.

 

"Presiden telah menetapkan bahwa THR akan dibayarkan 100%," ungkap Sri Mulyani.

BACA JUGA:Menkeu: THR ASN Cair 100 Persen H-10 Idul Fitri 2024

Sejak pandemi Covid-19 hingga tahun lalu, pembayaran THR tidak mencapai 100%, karena pemerintah harus mempertimbangkan kondisi keuangan negara yang baru pulih dari krisis.

 

Saat ini, pemerintah sedang menyelesaikan aturan resmi untuk pencairan THR ini sebagai dasar hukum. Diharapkan bahwa THR akan cair tepat 10 hari sebelum Lebaran.

 

"Kami akan berusaha menyelesaikannya agar bisa dibayarkan 10 hari sebelum hari raya," kata Sri Mulyani.

BACA JUGA:Pemerintah Siapkan THR dan Gaji ke-13 Tahun 2024 Untuk ASN

Sebelumnya, Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) telah berharap agar pemerintah memberikan THR Lebaran 2024 secara penuh atau 100%. Sejak tahun 2020, pembayaran THR hanya mencapai setengah atau kurang dari itu.

 

Pada tahun 2020, THR hanya diberikan kepada beberapa golongan aparatur negara tertentu (pejabat di bawah eselon II) dan pensiunan, tanpa tunjangan kinerja. THR tahun 2021 diberikan kepada seluruh aparatur negara dan pensiunan, namun masih tanpa tunjangan kinerja, dengan komponen gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tunjangan jabatan/fungsional/umum.

Sumber: