Info Terbaru Seputar Penerimaan CPNS 2024, Mulai dari Tanggal Pendaftaran Hingga Tahapan Seleksi

Info Terbaru Seputar Penerimaan CPNS 2024, Mulai dari Tanggal Pendaftaran Hingga Tahapan Seleksi

Info Terbaru Seputar Penerimaan CPNS 2024, Mulai dari Tanggal Pendaftaran Hingga Tahapan Seleksi/--setkab.go.id

Info Terbaru Seputar Penerimaan CPNS 2024, Mulai dari Tanggal Pendaftaran Hingga Tahapan Seleksi

RK ONLINE - Kabar terbaru seputar penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 kini telah terjawab. Berikut adalah informasi terbaru terkait pembukaan pendaftaran CPNS 2024 dan tahapan seleksinya yang perlu Anda ketahui.

 

Pemerintah telah mengumumkan bahwa periode pertama seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Maret 2024 mendatang. Tahapan ini meliputi pengumuman serta seleksi administratif CPNS dan seleksi kedinasan. Informasi mengenai formasi CPNS 2024 dalam format PDF akan diumumkan pada periode tersebut.

BACA JUGA:CPNS 2024 Segera Dibuka, Ini Persiapan Penting Memilih Formasi Jabatan

Selain itu, seleksi CPNS dan PPPK tahun 2024 dipastikan akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya tes dilakukan hanya satu kali, namun di tahun 2024 ini seleksi akan dibuka sebanyak tiga kali.

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan dalam konferensi pers pada Jumat 5 Januari 2024 lalu bahwa seleksi CPNS dan PPPK 2024 akan mengalokasikan formasi untuk guru, dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan.

 

Total formasi yang dibuka untuk seleksi CPNS dan PPPK tahun 2024 mencapai 2,3 juta posisi. Pemerintah memberikan peluang kepada lulusan baru dengan membuka 690 ribu formasi CPNS pada tahun 2024. Selain itu, sebanyak 1,6 juta formasi juga dibuka untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

BACA JUGA:Atasi Masalah Tenaga Honorer, Pemerintah Buka Rekrutmen CPNS dan PPPK 2024

Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKN RI, Haryomo Dwi Putranto, mengonfirmasi bahwa seleksi CPNS 2024 akan dilaksanakan dalam tiga gelombang untuk mengakomodir formasi yang dibuka. Gelombang pertama direncanakan pada Maret 2024, gelombang kedua pada Juni 2024, dan gelombang ketiga pada Agustus 2024.

 

Untuk mempersiapkan diri, calon pelamar CPNS perlu memenuhi beberapa persyaratan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil.

Sumber: