Jangan Panik, Begini Tips Penanganan ODGJ Menurut Dinsos Kepahiang

Jangan Panik, Begini Tips Penanganan ODGJ Menurut Dinsos Kepahiang

Dinsos Kepahiang berbagi tips penanganan ODGJ yang bisa dilakukan oleh masyarakat.--istimewah

Jangan Panik, Begini Tips Penanganan ODGJ Menurut Dinsos Kepahiang

Radarkepahiang.id - Penanganan ODGJ memang tidak bisa dilakukan sembarangan dan harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan melibatkan banyak pihak agar tidak menimbulkan akibat seperti yang tidak diharapkan. Demikian disampaikan Kepala Dinsos Kepahiang, Helmi Johan, M.Pd.

 

Menindaklanjuti laporan masyarakat terkait banyaknya ODGJ yang berkeliaran di Kabupaten Kepahiang, Helmi mengatakan jika penanganan ODGJ ini, bukan hanya tanggung jawab Dinsos semata. Namun menurutnya, hal ini harus dilakukan bersama-sama, termasuk juga dari lapisan masyarakat.

BACA JUGA:Kantongi 5 Kursi DPRD Kepahiang, Windra-Ramli 'Pinang' Nasdem Untuk Maju Pilkada 2024 Kabupaten Kepahiang

Menurut Helmi, penanganan ODGJ juga harus melibatkan peran masyarakat, salah satunya adalah peran pemberian informasi secara akurat. Selain itu, masyarakat juga diminta kerja sama untuk melaporkan sesegera mungkin kepada Dinsos Kepahiang, jika sewaktu-waktu melihat ada ODGJ yang berkeliaran.

 

"Jadi ini adalah tugas kita bersama, bukan cuma tugas Dinsos saja. Salah satu yang bisa dilakukan masyarakat adalah, memberikan informasi secara akurat kepada kami," terang Helmi Johan.

BACA JUGA:Objek Wisata Mountain Valley Dipadati Pelajar Merayakan Kelulusan, Aksi Coret-Coret Masih Terjadi!

Helmi juga menambahkan bahwa dari informasi yang didapati oleh masyaralat ini, Dinsos Kepahiang akan melakukan beberapa langkah penanganan, sistem, mekanisme dan prosedur untuk menangani ODGJ tersebut. Adapun hal yang dilakukan Dinsos meliputi: 

 

1. Penderita ODGJ dilaporkan oleh warga atau aparat ke Dinas Sosial.

2. Assesment ke lapangan.

3. Pembuatan rekomendasi bagi ODGJ untuk dirawat di RSJ.

Sumber: