Bersin Jangan Ditahan, Seorang Pria Alami Robekan Tenggorokan Karena Menahan Bersin

Bersin Jangan Ditahan, Seorang Pria Alami Robekan Tenggorokan Karena Menahan Bersin

Bersin Jangan Ditahan, Seorang Pria Alami Robekan Tenggorokan Karena Menahan Bersin/--www.istockphoto.com

Bersin Jangan Ditahan, Seorang Pria Alami Robekan Tenggorokan Karena Menahan Bersin

RK ONLINE - Bersin adalah respons alami tubuh yang umum terjadi pada setiap orang. Namun, tahukah kamu bahwa menahan bersin bisa berakibat fatal? Sebuah kasus di Dundee, Inggris pada 1 Desember 2023 lalu membuktikan hal tersebut.

 

Seorang pria dilaporkan menahan bersin yang menyebabkan tenggorokannya sobek. Dilansir dari laporan BMJ Case Report, menahan bersin dengan cara menutup mulut dan hidung bisa menciptakan tekanan yang sangat besar di saluran udara bagian atas. Bahkan, tekanannya bisa melebihi 20 kali lipat dari bersin biasa.

BACA JUGA:Merenung Jadi Salah Satu dari 8 Cara Mengatasi Overthinking Untuk Menjaga Kesehatan Mental

Pada kasus pria tersebut, tekanan yang terjadi begitu besar sehingga menyebabkan robekan kecil di tenggorokannya seukuran 0,08 inci kali 0,08 inci (2 x 2 milimeter). Ini menjadi peringatan bahwa menahan bersin bukanlah tindakan yang aman.

 

Menurut situs Alodokter milik Kemenkes RI, menahan bersin bisa berisiko berbahaya, antara lain:

- Gangguan Pendengaran: Tekanan udara yang tertahan bisa menyebabkan gangguan pendengaran, bahkan hingga menyebabkan luka pada gendang telinga.

BACA JUGA:Waspadai Rambut Rontok Pada Anak, Begini Penyebab Berikut Langkah Penanganannya yang Tepat

- Infeksi: Bersin adalah cara tubuh membersihkan benda asing seperti bakteri atau virus. Menahan bersin bisa menyebabkan endapan benda asing tersebut dalam saluran pernapasan, meningkatkan risiko infeksi.

 

- Cidera pada Hidung, Mata, dan Gendang Telinga: Menahan bersin dapat membuat pembuluh darah di sekitar mata, hidung, dan gendang telinga pecah, menyebabkan bintik-bintik merah pada mata, mimisan, atau bahkan keluarnya darah dari gendang telinga.

 

Sumber: