KemenPANRB Ungkap Seleksi CPNS 2024 Dibuka Lebih Cepat, MenPANRB Anas: Jauh Lebih Cepat!

KemenPANRB Ungkap Seleksi CPNS 2024 Dibuka Lebih Cepat, MenPANRB Anas: Jauh Lebih Cepat!

KemenPANRB Ungkap Seleksi CPNS 2024 Dibuka Lebih Cepat, MenPANRB Anas: Jauh Lebih Cepat!/--www.menpan.go.id

KemenPANRB Ungkap Seleksi CPNS 2024 Dibuka Lebih Cepat, MenPANRB Anas: Jauh Lebih Cepat!

RK ONLINE - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Abdullah Azwar Anas, menyatakan bahwa penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) termasuk seleksi CPNS 2024 berpotensi dibuka pada bulan Mei mendatang.

 

"Mei (CPNS) sudah bisa dibuka. Ini jauh lebih cepat karena biasanya September," ujar MenPANRB Anas.

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS 2024 Segera Dibuka, Ini Cara Mudahnya!

Namun, dia menekankan bahwa hal itu baru bisa terlaksana setelah seluruh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah (pemda) menyelesaikan usulan formasi CASN yang dibutuhkan. Menurut Azwar, Kemenpan-RB telah menargetkan agar proses tersebut selesai pada bulan Maret 2024.

 

"Ini masalahnya kemarin ada beberapa K/L belum menuntaskan. Target semestinya Maret, Maret mestinya sudah selesai," jelasnya.

 

Setelah proses pengajuan, Azwar menjelaskan bahwa pemerintah akan melakukan verifikasi terhadap formasi CPNS yang diajukan. Tahap verifikasi ini dianggap penting karena pemerintah ingin memastikan bahwa sumber daya manusia (SDM) yang direkrut memiliki kualifikasi yang sesuai.

BACA JUGA:Informasi Penting Rekrutmen CPNS dan PPPK 2024, Mulai Bulan Maret!

Lebih lanjut, sebanyak 225 ribu formasi tersebut, terutama untuk lulusan baru, diharapkan akan ditempatkan di Indonesia Kerja Nusantara (IKN). Azwar menyatakan bahwa pihaknya berusaha keras agar usulan yang diajukan sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja yang diperlukan oleh IKN.

 

Karenanya, Azwar menjelaskan bahwa pihaknya terus berkolaborasi dengan berbagai kementerian/lembaga untuk memastikan tujuan tersebut tercapai.

Sumber: