Informasi Penting Rekrutmen CPNS dan PPPK 2024, Mulai Bulan Maret!

Informasi Penting Rekrutmen CPNS dan PPPK 2024, Mulai Bulan Maret!

Informasi Penting Rekrutmen CPNS dan PPPK 2024, Mulai Bulan Maret!/--www.metrojambi.com

Informasi Penting Rekrutmen CPNS dan PPPK 2024, Mulai Bulan Maret!

RK ONLINE - Pemerintah telah mengumumkan rencana pembukaan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) pada bulan Maret 2024.

 

Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Abdullah Azwar Anas, formasi CPNS 2024 akan terbuka luas bagi para lulusan baru, sementara PPPK akan ditujukan bagi pegawai non-ASN atau honorer di instansi pemerintah.

BACA JUGA:Seleksi CPNS BIN 2024 Segera Dibuka, Totalnya 77 Formasi!

Anas menjelaskan bahwa seleksi PPPK menjadi fokus utama pemerintah untuk melakukan penataan pegawai non-ASN. Sebagai hasilnya, semua formasi PPPK akan diperuntukkan bagi pegawai non-ASN di instansi pemerintah.

 

Pemerintah berencana untuk menata pegawai honorer hingga Desember 2024. Proses penataan tenaga non-ASN sudah terdaftar dalam database Badan Kepegawaian Negara (BKN).

 

Pendataan non-ASN ini merupakan tindak lanjut dari berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK. Pendataan ini mencakup data Tenaga Honorer (THK-II) yang tercatat dalam Database BKN dan Pegawai non-ASN yang telah bekerja di instansi pemerintah.

BACA JUGA:Simak Jurusan Khusus Fresh Graduate Untuk CPNS 2024, Ada 690 Ribu Lowongan!

Untuk memastikan keberadaan dan keakuratan data, tenaga honorer dapat melakukan pengecekan melalui situs pendataan-nonasn.bkn.go.id. Proses pendaftaran dan pengecekan ini dapat diakses dengan mudah oleh semua tenaga non-ASN/honorer di seluruh Indonesia.

 

Syarat untuk masuk dalam pendataan non-ASN antara lain adalah mendapatkan honorarium langsung dari APBN untuk Instansi Pusat dan APBD untuk Instansi Daerah, diangkat oleh pimpinan unit kerja, telah bekerja minimal satu tahun pada 31 Desember 2021, serta berusia antara 20 hingga 56 tahun.

Sumber: