Penyakit Musim Hujan, Waspada Terhadap 6 Penyakit Umum Ini Berikut Cara Mencegahnya

Penyakit Musim Hujan, Waspada Terhadap 6 Penyakit Umum Ini Berikut Cara Mencegahnya

Penyakit Musim Hujan, Waspada Terhadap 6 Penyakit Umum Ini Berikut Cara Mencegahnya/--www.istockphoto.com

Penyakit Musim Hujan, Waspada Terhadap 6 Penyakit Umum Ini Berikut Cara Mencegahnya

RK ONLINE - Musim hujan, selain membawa kesegaran, juga membawa risiko penyakit bagi kesehatan kita. Kondisi cuaca yang lembap dan basah menjadi sarang bagi berbagai penyakit menular. Untuk itu, penting bagi kita untuk waspada dan mengenal jenis-jenis penyakit yang kerap muncul pada musim hujan.

 

Menurut penjelasan dari Guru Besar Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Profesor Tjandra Yoga Aditama, ada 6 penyakit yang perlu diwaspadai pada musim hujan.

BACA JUGA:Ini Perbandingan Manfaat Kopi Hitam dan Kopi Susu Untuk Kesehatan

Diare

Di musim hujan, risiko terkena diare meningkat karena kurangnya kebersihan individu. Masyarakat perlu memperhatikan kebiasaan cuci tangan dengan sabun sebelum makan atau minum, serta sesudah buang air kecil atau besar. Selain itu, penting juga untuk merebus air minum hingga mendidih.

 

Demam Berdarah Dengue (DBD)

Dengan banyaknya hujan, meningkat pula risiko DBD yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Tempat-tempat perindukan nyamuk dapat dengan mudah terbentuk akibat genangan air. Oleh karena itu, penting untuk menghindari tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

BACA JUGA:Tips Mudah Berhenti Minum Kopi, Baik Untuk Kesehatan!

Keracunan Makanan

Beberapa makanan cenderung cepat basi saat musim hujan karena perkembangbiakan mikro-organisme. Hindari mengonsumsi makanan yang sudah terlalu lama disimpan, terutama saat sedang berlibur.

 

Sumber: