Jangan Sembarangan, Cuka Apel Ternyata Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh dan Kesehatan Kulit

Jangan Sembarangan, Cuka Apel Ternyata Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh dan Kesehatan Kulit

Jangan Sembarangan, Cuka Apel Ternyata Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh dan Kesehatan Kulit/--www.istockphoto.com

Jangan Sembarangan, Cuka Apel Ternyata Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh dan Kesehatan Kulit

RK ONLINE - Cuka apel ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit yang sering kali belum diketahui banyak orang. Dengan kandungan asam asetatnya, Cuka apel dapat memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh, terutama dalam meningkatkan enzim AMPK yang mendukung proses metabolisme.

 

Berdasarkan laman Everyday Health, berikut beberapa manfaat cuka apel yang perlu diketahui untuk kesehatan dan kecantikan kulit:

BACA JUGA:Ternyata Gampang, Ini Tips Merawat Rambut Sehat Agar Tetap Cantik dan Berkilau

1. Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Cuka apel memiliki keasaman yang dapat membantu membersihkan kulit, mengobati jerawat, dan membantu regenerasi kulit. Selain itu, cuka apel juga membantu mengatur tingkat pH pada kulit untuk menjaganya tetap lembap dengan baik. Caranya mudah, cukup encerkan cuka apel dengan air dan aplikasikan menggunakan kapas ke area wajah dan kulit. Namun, lakukan uji coba terlebih dahulu untuk menghindari iritasi pada kulit sensitif.

 

2. Menurunkan Berat Badan

Cuka apel juga diketahui dapat membantu dalam proses penurunan berat badan. Asam asetat yang terkandung dalam cuka apel telah terbukti memperlancar metabolisme tubuh. Sebuah studi tahun 2022 menunjukkan bahwa cuka apel dapat mengurangi nafsu makan, membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama, serta membantu mengontrol kadar glukosa darah.

BACA JUGA:Makanan Untuk Kesehatan yang Lebih Baik, Ini 10 Pilihan yang Disarankan!

3. Mengontrol Gula Darah

Penelitian pada 2023 menemukan bahwa konsumsi cuka apel selama delapan minggu dapat membantu mengontrol kadar glukosa darah pada penderita diabetes tipe 2 serta menurunkan kadar kolesterol berbahaya.

 

Sumber: