Kenapa Tidak Boleh Makan Sebelum Tidur, Ini Alasannya!

Kenapa Tidak Boleh Makan Sebelum Tidur, Ini Alasannya!

Kenapa Tidak Boleh Makan Sebelum Tidur, Ini Alasannya!/--www.istockphoto.com

Kenapa Tidak Boleh Makan Sebelum Tidur, Ini Alasannya!

RK ONLINE - Makan sebelum tidur seringkali dihindari oleh banyak orang, dan ternyata, ada alasan ilmiah di balik anjuran tersebut. Dilansir dari Sleep Foundation, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kualitas tidur dan kesehatan tubuh jika kita makan sebelum tidur, terutama dalam porsi besar.

 

Alasan Mengapa Tidak Boleh Makan Sebelum Tidur

1. Ritme Sirkadian Tubuh

BACA JUGA:Dalam 30 Hari Berat Badan Dijamin Turun Drastis, Ikuti Langkah Ini!

Menurut ahli gizi Alexis Supan, RD, makan di malam hari bisa bertentangan dengan ritme sirkadian pada tubuh manusia. Ritme sirkadian adalah waktu biologis tubuh yang mengatur berbagai fungsi dan proses tubuh dalam 24 jam. Hormon insulin, yang berperan dalam mengatur gula darah, mengalami penurunan fungsi atau resistensi pada malam hari. Konsumsi makanan sebelum tidur dapat menyebabkan kenaikan kadar gula darah.

 

2. Refluks Asam Lambung (GERD)

Makanan yang dikonsumsi menjelang tidur dapat memicu refluks asam lambung atau GERD. Hal ini ditandai dengan naiknya isi lambung kembali ke kerongkongan dan mulut, menyebabkan gejala seperti mual, muntah, kesulitan menelan, sakit perut, nyeri dada, dan bau mulut.

 

3. Gangguan Kualitas Tidur

Konsumsi makanan berkalori tinggi, terutama yang mengandung banyak lemak dan karbohidrat, satu jam sebelum tidur dapat memengaruhi kualitas tidur. Penelitian menunjukkan bahwa makan terlalu banyak sebelum tidur bisa membuat tidur menjadi tidak nyenyak. Sebaliknya, makan empat jam sebelum tidur dapat mencegah gangguan tidur.

BACA JUGA:Hati-Hati Minum Jus Buah Setiap Hari Dapat Memicu Berat Badan Naik Pesat

Sumber: