Waspada Gejala Awal Diabetes, Begini Upaya Mencegah Penyakit Mematikan di Indonesia yang Satu Ini

Waspada Gejala Awal Diabetes, Begini Upaya Mencegah Penyakit Mematikan di Indonesia yang Satu Ini

Waspada Gejala Awal Diabetes, Begini Upaya Mencegah Penyakit Mematikan di Indonesia yang Satu Ini/--www.istockphoto.com

Waspada Gejala Awal Diabetes, Begini Upaya Mencegah Penyakit Mematikan di Indonesia yang Satu Ini

RK ONLINE - Diabetes, yang merupakan penyakit mematikan ketiga setelah stroke dan penyakit jantung di Indonesia, menjadi perhatian serius bagi kesehatan masyarakat. 

 

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mencatat pada Desember 2018, sekitar 10 juta orang menderita diabetes, dan perkiraan jumlah ini dapat melonjak hingga mencapai 30 juta pada tahun 2030. Untuk itu, penting bagi kita semua untuk mengenali gejala awal diabetes guna pencegahan dini dan pengobatan yang tepat.

BACA JUGA:Hati-Hati Diet Ekstrem Dengan Penurunan Berat Badan yang Cepat Bisa Berisiko Bagi Kesehatan

Menurut Kemenkes, diabetes melibatkan masalah pada hormon insulin, yang biasanya diproduksi oleh pankreas untuk membantu tubuh menyimpan dan menggunakan gula serta lemak dari makanan. 

 

Diabetes terjadi ketika pankreas tidak memproduksi insulin, memproduksi insulin sangat sedikit, atau tubuh tidak merespons insulin dengan baik, yang dikenal sebagai "resistensi insulin".

 

Gejala awal diabetes sebagian besar terkait dengan kadar gula darah yang lebih tinggi dari normal. Kadar gula darah normal berkisar antara 70-100 mg/dL. Pada pradiabetes, kadar gula darah berkisar 100-125 mg/dL, sementara pada diabetes, bisa mencapai 126 mg/dL ke atas.

BACA JUGA:Kurang Percaya Diri Karena Perut Buncit, Tutupi Dengan Tips Berpakaian Menyamarkan Perut Buncit

Tanda-tanda peringatan diabetes dapat bervariasi dan seringkali tidak disadari oleh penderitanya. Hal ini khususnya berlaku pada diabetes tipe 2, di mana beberapa orang baru menyadari penyakitnya saat mengalami komplikasi serius.

 

Gejala awal diabetes, yang dapat terjadi baik pada diabetes tipe 1 maupun tipe 2, meliputi:

Sumber: