Ingin Kuliah Gratis? Ini Persyaratan serta Tahapan Mendaftar KIP Kuliah 2024!

Ingin Kuliah Gratis? Ini Persyaratan serta Tahapan Mendaftar KIP Kuliah 2024!

Ingin Kuliah Gratis? Ini Persyaratan serta Tahapan Mendaftar KIP Kuliah 2024!--puslapdik.kemdikbud.go.id

Ingin Kuliah Gratis? Ini Persyaratan serta Tahapan Mendaftar KIP Kuliah 2024!

RK ONLINE - Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah menjadi opsi bantuan yang dapat diakses oleh siswa berprestasi namun terkendala biaya untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

 

KIP Kuliah merupakan inisiatif dari pemerintah pusat untuk mendukung masyarakat Indonesia yang menghadapi kendala finansial dalam melanjutkan pendidikan tinggi.

BACA JUGA:Persiapan Masuk Kuliah, 8 Tips Penting Untuk Calon Mahasiswa Baru

Selain menawarkan kesempatan kuliah gratis, KIP Kuliah juga memberikan uang saku kepada mahasiswa hingga mereka menyelesaikan studi, asalkan memenuhi syarat yang ditentukan.

 

Meski informasi resmi terkait pembukaan KIP Kuliah 2024 belum dikeluarkan, program ini biasanya dibuka bersamaan dengan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), yang pada tahun-tahun sebelumnya rutin dilakukan pada tanggal 16 Februari bersamaan dengan pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

 

Agar siap mendaftar untuk KIP Kuliah 2024, berikut adalah persyaratan yang perlu dipenuhi:

BACA JUGA:Pemerintah Siapkan Rekrutmen CPNS 2024, 10 Jurusan Paling Berpeluang!

- Peserta KIP Kuliah harus merupakan siswa SMA atau setara yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau maksimal dua tahun sebelumnya. Mereka juga harus memiliki NISN, NPSN, dan NIK yang valid. Untuk KIP Kuliah tahun 2024, siswa yang lulus pada tahun 2023 dan 2022 dapat mendaftar.

 

- Peserta harus memiliki potensi akademik yang baik namun terkendala secara ekonomi, dengan bukti dokumen yang sah.

Sumber: