Dari 2,3 Formasi CASN 2024, Pemerintah Prioritaskan 1,6 Juta Tenaga Honorer

Dari 2,3 Formasi CASN 2024, Pemerintah Prioritaskan 1,6 Juta Tenaga Honorer

Dari 2,3 Formasi CASN 2024, Pemerintah Prioritaskan 1,6 Juta Tenaga Honorer/--detik.net.id

Dari 2,3 Formasi CASN 2024, Pemerintah Prioritaskan 1,6 Juta Tenaga Honorer

RK ONLINE - Pada tahun 2024, Pemerintah Republik Indonesia akan membuka rekrutmen sebanyak 2,3 juta formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa sebanyak 1,6 juta tenaga honorer akan diprioritaskan sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) melalui seleksi CASN.

 

Penyelenggaraan rekrutmen ini merupakan upaya dalam menyelesaikan penataan tenaga non-Aparatur Sipil Negara (ASN) sesuai amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN. Presiden Jokowi menyatakan, "Tahun ini dilakukan rekrutmen sebanyak 1 juta 600 ribu formasi yang belum diangkat sebagai PPPK."

BACA JUGA:Jokowi Umumkan Penerimaan CASN 2024 Besar-Besaran, Ada 2,3 Juta Formasi Disediakan!

Pemerintah juga menegaskan bahwa formasi-formasi tersebut akan difokuskan pada kebutuhan tenaga di bidang guru dan dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis yang dibutuhkan dalam pelayanan publik.

 

Jokowi menjelaskan bahwa pada tahun 2024, sebanyak 690 ribu formasi Calon Pegawai Sipil Negara (CPNS) akan dibuka, memberikan peluang bagi para lulusan baru. Dari jumlah tersebut, 207 ribu formasi akan dialokasikan ke instansi pusat dan 403 ribu formasi akan ditujukan ke instansi daerah.

 

Rekrutmen CASN tersebut merupakan langkah yang diambil untuk mengantisipasi perkembangan teknologi yang sangat cepat. Pemerintah berharap para talenta muda dengan keterampilan dari berbagai bidang ilmu akan dapat mendukung transformasi digital dalam pelayanan publik, meningkatkan efisiensi birokrasi, serta menaikkan kinerja dan akuntabilitas pemerintah.

BACA JUGA:Peserta Prioritas Seleksi CASN 2024 Menurut MenPANRB, Diantaranya Guru dan Tenaga Kesehatan

Sumber: