Insentif Khusus PNS, Cepat Naik Pangkat Dengan Penempatan di Wilayah 3T

Insentif Khusus PNS, Cepat Naik Pangkat Dengan Penempatan di Wilayah 3T

Insentif Khusus PNS, Cepat Naik Pangkat Dengan Penempatan di Wilayah 3T/--istimewah

Insentif Khusus PNS, Cepat Naik Pangkat Dengan Penempatan di Wilayah 3T

RK ONLINE - Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan mendapatkan kesempatan cepat naik pangkat jika mereka bersedia ditempatkan di wilayah-wilayah tertinggal, terdepan dan terluar (3T). 

 

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, sebagai bagian dari insentif untuk peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024.

BACA JUGA:Ini Alasan Penerimaan CPNS 2024 Membuka Lebih Banyak Formasi Fresh Graduate

"Dalam waktu tiga bulan ke depan, akan dibuat peraturan pemerintah (PP) yang akan merumuskan insentif khusus ini," ungkap Anas 

 

Salah satu insentif tersebut adalah kenaikan golongan atau pangkat yang lebih cepat bagi PNS yang berdinas di daerah 3T dibandingkan dengan mereka yang bertugas di perkotaan. Anas juga menyebut adanya insentif lain berupa pemberian waktu cuti yang lebih fleksibel.

 

Presiden Joko Widodo juga mengumumkan pembukaan kuota sebanyak 690 ribu untuk fresh graduate yang tertarik bergabung sebagai abdi negara. Tes pertama CPNS direncanakan akan digelar pada bulan Mei 2024.

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS 2024 Akan Dibuka, Simak Deretan Persyaratannya Disini!

Selain itu, Jokowi menyatakan bahwa pemerintah akan menyelesaikan penataan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak termasuk dalam basis data Badan Kepegawaian Negara (BKN), sesuai dengan UU Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN.

 

Tahun ini, rekrutmen sebanyak 1,6 juta formasi akan dialokasikan untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) seperti guru, dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian, total formasi yang akan dibuka pemerintah untuk calon aparatur sipil negara pada tahun ini mencapai 2,3 juta.

Sumber: