Simbol Hubungan Erat Indonesia dan Uni Emirat, Masjid Presiden Jokowi di Abu Dhabi Resmi Dibuka

Simbol Hubungan Erat Indonesia dan Uni Emirat, Masjid Presiden Jokowi di Abu Dhabi Resmi Dibuka

Masjid Presiden Jokowi di Abu Dhabi Resmi Dibuka/--antaranews.com

Simbol Hubungan Erat Indonesia dan Uni Emirat, Masjid Presiden Jokowi di Abu Dhabi Resmi Dibuka

RK ONLINE - Pada tanggal 14 Desember 2023, Masjid Presiden Joko Widodo secara resmi dibuka untuk umum di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA). Acara peresmian ini menjadi tanda kuatnya persaudaraan antara kedua negara, menurut Husin Bagis, Duta Besar RI untuk UEA.

 

Dalam acara pembukaan tersebut, sejumlah tokoh penting turut hadir seperti Menteri Energi dan Infrastruktur UEA, Suhail Al Mazroei, Kepala Otoritas Umum untuk Urusan Islam dan Waqaf Omar Habtoor Al-Direi, serta sejumlah Duta Besar ASEAN bersama Dubes RI untuk UEA.

BACA JUGA:Lapor ke Presiden, MenPAN RB Sampaikan Fokus Rekrutmen ASN Tahun 2024

Masjid ini terletak di wilayah diplomatik Abu Dhabi dan ditempati di sepanjang Jalan Presiden Joko Widodo. Dengan luas tanah mencapai 3.766 m2, masjid ini mampu menampung hingga 2.500 jamaah.

 

Presiden Joko Widodo sendiri mengomentari pembukaan Masjid Jokowi di Abu Dhabi, menyatakan kedekatan hubungan Indonesia dengan Arab Saudi. Melalui akun media sosialnya, Jokowi menekankan bahwa hubungan diplomatik antara Indonesia dan Persatuan Emirat Arab sudah terjalin sejak 1976.

 

"Hubungan kedua negara semakin erat di berbagai bidang, seperti ekonomi, pendidikan, dan interaksi antar pemimpin," ujar Jokowi.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Resmikan UU ASN Terbaru dan Mengartikulasikan Kewajiban PNS

Kedekatan ini tercermin dalam pengabadian nama pemimpin dari kedua negara dalam nama jalan dan bangunan. Misalnya, di Abu Dhabi ada Jokowi Street, sementara di Indonesia terdapat Jalan Layang Sheikh Mohammed bin Zayed. Selain itu, di Surakarta berdiri Masjid Agung Sheikh Zayed, sementara di Abu Dhabi telah berdiri Masjid Jokowi yang baru selesai pada Oktober 2023 dan kini dibuka untuk umum.

 

Peresmian Masjid Presiden Joko Widodo dilakukan dengan beragam kegiatan, mulai dari penanaman pohon mangga, foto bersama, shalat zuhur, hingga doa bersama. Acara tersebut dihadiri oleh berbagai tokoh penting dari Indonesia, UEA, dan ASEAN, serta diimami oleh Ustad Salman Alfarisi, Imam Indonesia yang bertugas di masjid ini.

Sumber: