Benarkah Kominfo Bakal Matikan Jaringan 2G Demi Performa 5G?

Benarkah Kominfo Bakal Matikan Jaringan 2G Demi Performa 5G?

Benarkah Kominfo Bakal Matikan Jaringan 2G Demi Performa 5G?/--kominfo

Benarkah Kominfo Bakal Matikan Jaringan 2G Demi Performa 5G?

RK ONLINE - Sejak kemunculannya pertengahan 2021, perkembangan teknologi 5G di Indonesia tampaknya belum mencapai titik puncaknya. 

 

Muncul pertanyaan, apakah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memiliki niat untuk mematikan jaringan 2G guna meningkatkan performa jaringan 5G?

BACA JUGA:Proyek BTS 4G Kominfo, Inovasi Internet Gratis Hingga Pelosok Indonesia

Dilansir dari Detik.com, Indonesia hingga saat ini, terdapat tiga jenis jaringan yang masih aktif, yaitu 2G, 4G, dan 5G. Sementara itu, jaringan 3G telah dinonaktifkan oleh operator seluler sejak tahun lalu.

 

Mengenai nasib jaringan 2G, Ismail, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kementerian Kominfo, memberikan klarifikasinya.

 

"Kami mengadopsi teknologi netral. Jadi, keputusan untuk menghapus atau tidak jaringan 2G berada di tangan operator, bukan di pemerintah," ungkap Ismail.

BACA JUGA:Mulai Sore Ini, Jalan Lintas Liku 9 Ditutup Total!

Ia melanjutkan untuk membahas penonaktifan jaringan 3G yang dilakukan oleh operator seluler. Dibandingkan dengan jaringan lainnya, 3G dianggap kurang memadai untuk memenuhi kebutuhan layanan telepon dan internet.

 

"3G terbilang kurang efisien. 2G bermanfaat untuk panggilan suara, 4G untuk internet. Namun, 3G memiliki keterbatasan baik untuk internet maupun panggilan suara," jelasnya.

Sumber: