Menteri Kominfo Apresiasi Hasil Pengujian Koneksi Internet Satria-1

Menteri Kominfo Apresiasi Hasil Pengujian Koneksi Internet Satria-1

Menteri Kominfo Apresiasi Hasil Pengujian Koneksi Internet Satria-1/---istimewah

Menteri Kominfo Apresiasi Hasil Pengujian Koneksi Internet Satria-1

RK ONLINE - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyatakan kepuasannya terhadap pengujian koneksi internet dari Satelit Republik Indonesia (Satria-1). 

 

"Oke, bagus (koneksi internet Satria-1)," ujarnya.

BACA JUGA:Keluarga Ketua KONI Kepahiang Kembalikan Kerugian Negara, Segini Jumlahnya!

Budi menekankan pentingnya untuk menyempurnakan infrastruktur pendukung, khususnya ground segment, setelah pengujian Satria-1 dilakukan. "Ini tinggal hub dirapihin lagi, ground segment-nya mesti dirapihin. Saya optimis bisa," ungkapnya.

 

Satelit Satria-1 diharapkan dapat membantu penyediaan akses internet bagi fasilitas layanan publik di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T), seperti yang diungkapkan oleh Budi.

 

Uji coba dan aktivasi satelit Satria-1 melibatkan Menkominfo Budi Arie Setiadi, Direktur Utama Bakti Kominfo Fadhilah Mathar, dan Direktur Utama PSN Adi Rahman Adiwoso. Enam lokasi di Manokwari, Jayapura, Ambon, Batam, Kupang, dan Banjarbaru menjadi tempat dilakukannya pengujian tersebut.

BACA JUGA:Menakjubkan, Pemkab Kepahiang Terima Penghargaan LKPD Terbaik!

Pada Kamis, 7 Desember sekitar pukul 13.30 WIB, Satria-1 berhasil terkoneksi dengan internet dalam tahap uji coba integrasi dan aktivasi. Adi menyatakan bahwa semua tes telah berjalan lancar dan semuanya sudah mulai berjalan menggunakan jaringan Satria-1.

 

Adi berharap pelaksanaan tahap uji coba ini dapat selesai sebelum akhir Desember 2023, bahkan mengharapkan adanya hadiah Natal bagi masyarakat terkait kemajuan teknis tersebut.

Sumber: