Antisipasi Krisis Pangan, Begini Saran Bupati Kepahiang Terkait Pemanfaatan Lahan Kosong

Antisipasi Krisis Pangan, Begini Saran Bupati Kepahiang Terkait Pemanfaatan Lahan Kosong

Bupati Kepahiang Hidayattullah Sjahid mengajak masyarakat memanfaatkan lahan kosong mengantisipasi krisis pangan.--Radarkepahiang.id

Antisipasi Krisis Pangan, Begini Saran Bupati Kepahiang Terkait Pemanfaatan Lahan Kosong

RK ONLINE - Guna mengantisipasi terjadinya krisis pangan di wilayah Kabupaten Kepahiang, Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattulah Sjahid, MM, IPU mengintruksikan masyarakat agar dapat memanfaatkan lahan kosong untuk kepentingan penanaman sejumlah kebutuhan pangan.

 

Selain memberi saran, orang nomor 1 di Kabupaten Kepahiang ini memastikan jika Pemkab Kepahiang juga akan memanfaatkan lahan untuk ditanami berbagai tanaman guna menjamin ketahanan pangan di Kabupaten Kepahiang. Menurutnya menjaga ketahanan pangan, wajib dilakukan sebagai upaya mengantisipasi krisis pangan di daerah.

 

"Pemkab Kepahiang akan melakukan berbagai upaya untuk menjaga ketahanan pangan di daerah. Kita juga mengimbau masyarakat, agar dapat memanfaatkan sejumlah lahan kosong yang dimiliki untuk menjaga ketahanan pangan," ucap bupati Kepahiang.

BACA JUGA:Dipimpin Wabup dan Sekda, Pemkab Kepahiang Jadikan Senam Bersama Sebagai Upaya Menjaga Kesehatan ASN dan THL

Dengan ketersediaan pangan yang cukup, bupati Kepahiang berharap mampu menekan angka lonjakan harga pangan di pasaran. Mengingat saat ini, masyarakat dan pemerintah daerah juga masih berupaya melakukan pemulihan ekonomi pascapandemi.

 

"Pemkab diminta memanfaatkan lahan untuk ditanami cadangan pangan. Ini salah satu dari antisipasi krisis pangan yang kita lakukan. Harapannya ini juga ditekuni oleh masyarakat desa dan kelurahan yang memiliki lahan yang cukup untuk ditanami kebutuhan pangan. Dari pada dibiarkan kosong, lebih baik ditanami beragam tanaman pangan dan tanaman bermanfaat lainnya," ujar Hidayattullah.

BACA JUGA:Segar dan Bugar, Resep dr Zaidul Akbar Mampu Membuat Tubuh Sehat dan Fresh Setiap Pagi

Selain itu bupati Kepahiang juga menjelaskan, terkait dengan pemanfaatan lahan, masyarakat diminta agar fokus untuk penanaman sektor pertanian seperti jagung, tanaman umbi-umbian dan berbagai macam tanaman yang dapat menjaga ketahanan pangan lainnya.

 

Tidak hanya sebatas saran, bupati ini juga menyebutkan kalau nantinya, Pemkab Kepahiang akan berupaya agar dapat mendukung penuh langkah masyarakat tersebut. Salah satunya yaitu, mengupayakan ketersediaan lahan serta kebutuhan bibit pangan.

Sumber: