Bisa Jadi Berdosa, Ketahuilah Kalau Ada 5 Waktu Yang Diharamkan Untuk Sholat Dalam Islam

Bisa Jadi Berdosa, Ketahuilah Kalau Ada 5 Waktu Yang Diharamkan Untuk Sholat Dalam Islam

Bisa Jadi Berdosa, Ketahuilah Kalau Ada 5 Waktu Yang Diharamkan Untuk Sholat Dalam Islam/---www.freepik.com

Bisa Jadi Berdosa, Ketahuilah Kalau Ada 5 Waktu Yang Diharamkan Untuk Sholat Dalam Islam

RK ONLINE - Ibadah Sholat merupakan kewajiban penting bagi umat Islam, tetapi ada beberapa waktu yang diharamkan untuk melaksanakan sholat tentunya bukan sholat wajib melainkan sholat sunnah

 

Melansir dari beberapa sumber terpercaya dan buku seri Fiqih Kehidupan 3: Shalat oleh Ahmad Sarwat, Safinah Simple Series oleh Zackiyah Ahmad serta buku Panduan Shalat an-Nisa Menurut Empat Madzhab oleh dr Abdul Qadir Muhammad Manshur, beberapa waktu tersebut memiliki pembatasan tersendiri yang penting untuk diperhatikan. Berikut adalah penjelasan mengenai lima waktu yang diharamkan untuk melaksanakan sholat sunnah:

BACA JUGA:Tidur Setelah Sholat Ashar Ternyata Berbahaya dan Memicu Gangguan Kesehatan

- Saat Matahari Terbit hingga Meninggi

Pada saat matahari terbit sampai mencapai posisi tertentu di langit, umat Islam dilarang melaksanakan sholat sunnah mutlak. Waktu ini dilarang untuk melaksanakan sholat sunnah karena berdasarkan hadis Nabi yang menyatakan bahwa setelah sholat Subuh, sholat tidak boleh dilakukan hingga matahari terbit sepenuhnya.

 

لاَ صَلاَةَ بَعْدَ الصُّبْحِ حَتَّى تَرْتَفِعَ الشَّمْسُ، وَلاَ صَلاَةَ بَعْدَ العَصْرِ حَتَّى تَغِيبَ الشَّمْسُ

 

Artinya: "Tidak ada sholat setelah sholat Subuh hingga matahari terbit. Dan tidak ada sholat sesudah sholat Ashar hingga matahari terbenam." (HR Bukhari dan Muslim).

 

- Saat Matahari di Tengah Langit Cakrawala hingga Bergeser ke Barat

Istiwa adalah waktu ketika matahari berada di atas kepala sebelum bergeser ke arah barat. Pada saat ini, sholat tidak diperbolehkan karena terjadi peralihan waktu dari Dzuhur.

Sumber: